Ide Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Dengan Lahan Terbatas

Discovery
dapur minimalis

LamanQu.id – Memiliki rumah adalah impian dari tiap orang, terutama mereka yang sudah berkeluarga, namun tidak jarang rumah yang di beli memilik luas lahan yang terbatas sehingga berdampak pada desain seluruh ruangan di dalamnya, termasuk dapur.

Bagian dapur adalah salah satu ruangan terpenting di dalam rumah, yang sering diibaratkan sebagai ‘jantung’ rumah, sebaiknya dirancang sedemikian rupa untuk dapat memberikan rasa nyaman bagi penghuninya.

Maka dari itu desain interior dapur yang dapat diterapkan pada hunian dengan lahan terbatas adalah desain dapur minimalis.

Berikut ini ada beberapa ide desain dapur minimalis yang dapat menginspirasi.

  1. Desain Dapur Minimalis dengan Warna Monokrom

Dapur Minimalis dengan Warna Monokrom

Inspirasi pertama untuk desain dapur minimalis dengan mendominasi warna Monokrom yang dimana warna tersebut dapat memberikan manfaat bagi rumah dengan desain minimalis, karena warna monokrom mampu menghadirkan kesan yang luas pada ruangan berukuran kecil. Selain itu, warna monokrom juga dapat memberikan kesan modern pada ruangan.

  1. Desain Dapur Minimalis Serba Putih

Desain berikutnya yaitu warna putih yang dimana warna tersebut dapat menghadirkan kesan terang, bersih dan juga luas.

Dapur Minimalis Serba Putih

Walaupun dominasi warna yang serba putih berpotensi membuat dapur tampak membosankan, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat dapur minimalis serba putih terlihat keren.

Contohnya, kamu bisa memilih warna putih glossy yang akan menghadirkan kesan mewah atau menambahkan material alam seperti lantai kayu berwarna coklat untuk memberikan kesan hangat.

  1. Desain Dapur Minimalis Dengan Paduan Warna Kuning Putih

desain dapur minimalis

Dapur minimalis akan tampak terlihat cerah bila di padukan dengan warnah cerah, salah satu warna cerah yang tidak lain adalah warna kuning.

  1. Desain Dapur Minimalis dengan Pencahayaan Alami

Desain dapur minimalis yang satu ini dapat menghemat pengeluaran listrik karena desain ini tidak memerlukan penerangan dari lampu di siang hari.

Sumber pencahayaan alami dari matahari adalah kuncinya. Kamu bisa menempatkan jendela yang besar pada dapur agar cahaya matahari dapat masuk dengan maksimal.

  1. Desain Dapur Minimalis Dengan Meja Dan Kursi Bar

Rumah berukuran kecil terkadang mengharuskan pemilik rumah untuk menggabungkan ruang makan dengan dapur, karena penggunaan meja makan tersendiri akan membuat ruangan tampak sempit. Solusi yang paling tepat untuk permasalahan ini adalah dengan mengganti meja makan dengan meja bar bergaya minimalis. Umumnya, meja bar memiliki ukuran yang lebih kecil dari meja makan, sehingga cocok untuk diletakkan pada dapur yang kecil sehingga dapat menghemat tempat.

  1. Desain Dapur Minimalis Bentuk L

Desain dapur minimalis dengan bentuk L ini sifatnya sangat fleksibel karena dapat diaplikasikan pada dapur berukuran kecil ataupun besar. Pada dapur berukuran kecil, desain dapur L akan menghadirkan ruang kosong di bagian tengah, yang akan membuat kamu lebih leluasa dalam beraktivitas di dapur.

  1. Desain Dapur Minimalis yang Asri Dengan Tanaman Hias

Menambahkan tanaman hias sebagai dekorasi pada dapur minimalis akan membuat dapur kamu tampak lebih asri.

Jenis tanaman hias yang cocok digunakan untuk mempercantik dapur adalah jenis tanaman hias yang mampu hidup di dalam ruangan (indoor) seperti sirih gading, anggrek, pakis, dll. Jika kamu tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk merawat tanaman hias yang asli, kamu juga dapat menggunakan tanaman artifisial.

 

Dari beberapa ide diatas, dapur minimalis dari rumah yang memiliki lahan terbatas akan  sangat menarik, dan tentunya tidak membosankan, selain itu penataan perabotan juga perlu di perhatikan seperti kulkas, kompor, dan sebagainya.