Tanaman Herbal Pelancar Peredaran Darah

  • Whatsapp
tanaman herbal, perlancar peredaran darah, tanaman untuk melancarkan peredaran darah
Bebertapa Tanaman Herbal Untuk Perlancar Peredaran Darah | @ LQ Koleksi

LamanQu.id – Libur Akhir tahun sudah di depan mata, walau masih beberapa minggu lagi namun aromanya sudah mulai terasa.

Mendekati akhir tahun biasanya intensitas curah hujan akan meninggkat, sehingga kondisi tubuh harus tetap fit agar terhindar dari penyakit, terlebih lagi wabah covid-19 masih setia menemani.

Jadi tetap usahakan sistem peredaran darah dalam keadaan lancar sehingga mampu melawan penyakit atau mempertahankan lingkungan internal yang stabil – seperti suhu yang tepat dan pH – dikenal sebagai homeostasis.

Nilai kesehatan tubuh ditandai dengan peredaran darah yang lancar, hal ini karena aliran darah membawa nutrisi dari makanan yang kemudian diserap tubuh dan masuk ke sel-sel tubuh untuk melakukan proses metabolisme agar tetap terjaga kehidupan sel.

Baca Juga :  Pasien Rawat Jalan RSMH Silakan Daftar Online

Selain untuk metabolisme, tubuh juga membutuhkan oksigen yang dibawa oleh darah dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Ketika plak menumpuk di dinding bagian dalam, hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami peredaran darah tidak lancar atau terhambat.

Terganggunya peredaran darah menyebabkan proses suplai menuju sel akan terhambat dan menyebabkan sel akan mati.

Apabila sel mati, akan mengakibatkan kerusakan jaringan yang berdampak pada organ, oleh sebab itu untuk menjaga kelancaran peredaran diperlukan olahraga teratur.

Tidak hanya olahraga saja, kondisi faktor asupan makan dan pola makan harus di jaga, walau musim libur belum tiba ada baiknya terus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Baca Juga :  Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

berikut ini ada beberapa tanaman herbal yang dapat membantu peredaran darah agar tubuh tetap bugar dan fit, tentunya jika dikonsumsi secara teratur dan dengan penggunaan yang tepat.

  1. Jahe
manfaat jahe, tanaman herbal perlancar peredaran darah
Jahe | @ LQ Koleksi

Jahe memiliki 14 kandungan bioaktif. Jahe memiliki fungsi antioksidan, anti inflamasi, anti nausea, serta anti kanker. Kandungan anti platelet yang terdapat pada jahe, berfungsi mencegah penyakit jantung koroner. Manfaat jahe didapatkan apabila dikonsumsi secara rutin.

  1. Daun Sambiloto
manfaat daun sambiloto, tanaman herbal perlancar peredaran darah
Daun sambiloto | @ LQ Koleksi

Konsumsi daun sambiloto secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Itu karena tanaman ini bersifat imunostimulan, yakni meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem kekebalan.

  1. Kunyit
Baca Juga :  Satu-satunya Di Sumatera, Herman Deru Resmikan RS Hewan Sumsel 
manfaat kunyit, tanaman herbal perlancar peredaran darah
Kunyit | @ LQ Koleksi

Kunyit mengandung agen anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga arteri bebas daru segala jenis penyumbatan. Kandungan kukurmin dalam kunyit bisa menurunkan peradangan penyebab utama di balik pengerasan arteri. Oleh karena itu, kunyit dipercaya dapat membantu memperlancar peredaran darah.

  1. Bawang Putih
manfaat bawang putih, tanaman herbal perlancar peredaran darah
Bawang Putih | @ LQ Koleksi

Bawang putih berperan meningkatkan kelancaran alirah darah ke jaringan dengan cara melebarkan pembuluh darah melalui penghambatan produksi interleukin.

Dari beberapa tanaman herbal yang dapat membantu memperlancar peredaran darah, masih banyak lagi hal yang menunjang faktor untuk memperlancar peredaran darah itu sendiri.