Lakukan Langkah Cerdas Agar Dapur Mungil Semakin Berfungsi

  • Whatsapp
Agar Dapur Mungil Semakin Berfungsi

LamanQu.id – Dapur adalah salah satu bagian dari rumah yang paling sering di kunjungi, terutama saat pagi dan sore hari, baik di saat sedang memasak atau menikmati hidangan penjamuan makan keluarga.

Namun apa jadinya kalau ruang dapur mungil ? Tidak perlu risau, karena ada beberapa langkah cerdas yang dapat dilakukan agar dapur tersebut tetap bersifat fungsional.

  • Pilih sink ukuran kecil

Dalam wujud siap pakai, biasanya dapur kecil mempunyai kelengkapan berupa sink model single bowl dan disampingnya dilengkapi drainer. Pada umumnya pula, sinkĀ  tersebut dangkal dan kecil. Jadi ketika digunakan untuk cuci piring, kurang efisien.

sink single bowl

Bukan itu saja, drainer-nya seakan-akan hanya jadi bidang tanpa fungsi karena kurang nyaman dipakai untuk melakukan kegiatan memasak. Untuk itu jika mempunyai dana yang mencukupi, ganti dengan single bowl dengan kedalaman minimal 40 sentimeter dan tidak perlu memakai drainer.

Baca Juga :  Ide Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Dengan Lahan Terbatas

Selain itu akan menjadi lebih bagus lagi apabila sink di dapur dilengkapi sistem undermount. Tujuannya, agar area di countertop jadi terasa lebih lega sekaligus mudah dibersihkan.

  • Menggunakan kompor slim

Memakai kompor yang bentuknya slim atau kecil merupakan cara cerdas berikutnya untuk memfungsikan ruang dapur secara lebih optimal. Biasanya kompor ini memiliki dua pemanas.

kompor slim, agar dapur mungil semakin berfungsi

Selain itu jika jarang memakai dua pemanas dalam satu waktu, maka lebih disarankan memilih kompor portable saja. Sehingga ketika tidak dipakai, bisa disimpan di tempat lain. Sehingga ruang dapur jadi semakin lega untuk melakukan kegiatan lain misalnya menyiapkan makanan dan sebagainya.

  • Mengutamakan peralatan elektrik

Salah satu perabot dapur yang membutuhkan tempat besar untuk meletakannya adalah tabung gas. Jalan paling baik untuk mengatasi masalah ini antara lain adalah lebih mengutamakan penggunaan peralatan elektrik.

Baca Juga :  Ambergis Muntahan Paus untuk Bahan Parfum Seharga Miliaran Rupiah

Di pasaran, sangat mudah menemukan kompor listrik, oven listrik dan perabot masak lain yang dilengkapi teknologi elektrik. Tidak hanya menghemat ruang, penggunaan peralatan elektrik jauh lebih praktis dan membuat ruang dapur tidak cepat kotor.

  • Peralatan built-in

Arti dari built-in adalah kumpulan peralatan yang dibuat dan dipasang secara menyatu dan terpadu. Konsep ini dapat diterapkan di dapur, khususnya ruang dapur yang ukurannya kecil.

Misalnya untuk kompor, jangan hanya memilih yang berteknologi elektrik saja namun juga memiliki bentuk datar sehingga bisa dipasang di kabinet. Demikian pula dengan oven, kulkas, mesin menanak nasi dan sebagainya. Pilih yang modelnya built-in agar penghematan ruang makin mudah dilakukan.

  • Menggunakan filter air

Selain tabung gas, dispenser dan galon yang berfungsi sebagai tempat menyimpan air minum juga perlu area luas untuk meletakannya. Jadi sebaiknya diganti filter air yang dihubungkan langsung dengan saluran air.

Baca Juga :  Budidaya Ternak Kelinci Pedaging, Ladang Bisnis Menjanjikan

Dibanding dispenser dan galon, filter air mempunyai ukuran lebih kecil, bahkan dapat disatukan dengan kabinet. Jadi meski luasnya mungil saja, dapur tetap mampu menjalankan fungsinya dengan maksimal.

 

selamat menunaikan ibadah puasa vaksinasi di palembang, ayo vaksinasi, sukseskan vaksinasi di palembang himbauwan 3m dan 3t