Kilang Pertamina Plaju Kampanyekan Keselamatan Kerja Secara Masif

News, Sumsel
Keselamatan Kerja , Kilang Pertamina Plaju

Palembang, LamanQu.idKilang Pertamina Plaju terus bertekad kuat untuk menjadi perusahaan pengolahan migas dan petrokimia yang mendukung terciptanya lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi seluruh pekerja, mitra kerja serta kontraktor.

Sebagai bagian dari komitmennya, berbagai program yang berkaitan dengan aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE) terus digalakkan, dibudayakan dan dikampanyekan oleh jajaran manajemen dan pekerja.

Masih dalam rangkaian Gerakan Nasional (Gernas) Bulan K3, Kilang Pertamina Plaju bahkan secara khusus memprogramkan Massive Campaign HSSE, sebagai upaya untuk mengingatkan kepada para pekerja, mitra kerja serta contractor tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di area kerja.

Kampanye ini berlangsung selama sepekan, sejak Senin (19/02/2024) hingga Jumat (23/02/2024) mendatang, saat waktu pekerja memasuki kilang di antara 06.45 hingga 07.45 WIB.

Dalam kampanye ini, para pekerja membawa atribut kampanye yang berisikan tulisan dan imbauan agar pekerja, mitra kerja serta kontraktor mematuhi CLSR (Corporate Life Saving Rules) sebagai pilar aspek Safety di Pertamina. Salah satu poinnya, yakni pekerja, mitra kerja serta kontraktor harus menggunakan alat pelindung diri dengan benar, mengemudi mobil perusahaan sesuai dengan ketentuan (kecepatan 35 km/jam dalam kilang) dan melaporkan insiden yang terjadi.

Dalam kampanye ini juga disampaikan bahwa sebagian besar insiden yang terjadi di tempat kerja dapat dicegah dan dapat meningkatkan pemahaman bahwa keselamatan merupakan tanggung jawab bersama.

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Perliansyah berharap, melalui Massive Campaign ini, dapat terbangun pemahaman yang lebih di kalangan pekerja untuk terus menekankan pentingnya keselamatan di tempat kerja.

“Kilang Pertamina Plaju akan terus berkomitmen dalam membudayakan aspek-aspek safety dalam setiap pekerjaan yang dilakukan di unit operasi, salah satunya kita implementasikan dengan mengkampanyekan aspek Corporate Life Saving Rules,” ujar Perli.

Ia menambahkan, Perusahaan yakin bahwa dengan meningkatkan kesadaran dan memastikan bahwa setiap pekerja memahami pentingnya keselamatan, maka lingkungan kerja yang aman dan sehat dapat tercipta, yang bermuara pada peningkatan kinerja operasional perusahaan secara keseluruhan.

Dukung Implementasi SDGs dan ESG

Komitmen pada penegakkan aspek Safety dan khususnya CLSR melalui Massive Campaign ini menjadi wujud dukungan Kilang Pertamina Plaju terhadap beberapa poin Sustainable Development Goals (SDGs), di antaranya poin ketiga tentang Kesehatan dan Kesejahteraan, serta poin kedelapan tentang pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan.

Selain itu, kegiatan ini juga sejalan dengan Environmental, Social, and Governance (ESG) framework, terutama pada bagian Social dan Governance. Dengan ini, Kilang Pertamina Plaju menunjukkan komitmen dalam memperbaiki praktik keselamatan di seluruh unit operasi, dan dengan melakukan kampanye keselamatan ini, Kilang Pertamina Plaju telah membuktikan diri sebagai perusahaan migas yang memandang penting kesejahteraan pekerjanya.