8-9 Juli 2024 Digelar O2SN Tingkat Provinsi

News, Pendidikan, Sumsel
O2SN Tingkat Provinsi

Palembang, LamanQu.idDinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 jenjang SMA Negeri/Swasta di Provinsi Sumsel, yang akan dilaksanakan pada olimpiade 8-9 Juli 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkap langsung, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Sumsel, Drs. H. Sutoko, MSi. Melalui kepala Seksi (Kasi) SMA Disdik Provinsi Sumsel Anang Purnomo Kurniawan ST, 5 Juli 2024.

Anang mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti Surat dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemdikbudristek RI nomor 0390/J7.1/PN.01/2024 19 Maret 2024 mengenai Informasi Perbaikan Pedoman O2SN.

Katanya, menumbuhkan kompetensi dan mengembangkan prestasi peserta didik di bidang olahraga, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional akan menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun 2024.

“Nah, Khusus mekanisme pelaksanaan O2SN tingkat kabupaten/kota jenjang SMA diserahkan kepada masing-masing MKKS. Dihimbau agar dilaksanakan seleksi tingkat kabupaten/kota sesuai dengan kondisi dan kemampuan masing-masing MKKS Sehingga dapat menjaring pemenang tingkat kabupaten/kota secara objektif, transparan, dan bertanggung jawab,” terangnya.

Lalu, seleksi O2SN tingkat provinsi akan dilaksanakan di Kota Palembang pada 8 – 9 Juli 2024. “Pemenang putra dan putri yang menang di tingkat kabupaten/kota dan telah terdaftar dapat mengikuti seleksi tingkat provinsi,” jelasnya.

Anang menjelaskan, seluruh Kepala SMA melalui Ketua MKKS/K3S dapat berpartisipasi dan memberikan dukungan demi suksesnya pelaksanaan O2SN tahun ini. “Pedoman pelaksanaan O2SN Jenjang SMA Tahun 2024 dapat diunduh melalui link https://sid/pedoman-o2sn. Informasi lebih lanjut dapat melalui Koordinator Pelaksanaan O2SN tingkat provinsi, yaitu Bapak Aliyuddin Asral, S.Pd., M.Si (Kepala Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya, HP. 082281890661) atau bergabung dengan Group Whats App Koordinasi O2SN, pada link https://s.id/o2sn-sma.

“Saat ini peserta yang terdaftar dan sudah finalisasi melalui portal BPTI sebanyak 552 peserta didik se-sumatera selatan pada cabang olahraga atletik, bulutangkis, renang, karate dan silat,” urainya.

Pemenang tiap cabang olahraga di kabupaten/kota terdiri dari kategori putra dan putri yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. “Persiapkan diri, O2SN tingkat provisni Sumsel Sudah di depan mata,” tandasnya.