PKK Lawang Kidul Bina Pelaku UMKM Melalui UP2K

News
PKK Lawang Kidul

Tanjung Enim, lamanqu.id – TP PKK Kecamatan Lawang Kidul membentuk Kelompok Kerja (Pokja) dalam mensukseskan 10 program pokok PKK. Salah satu bidang untuk mensejahterakan keluarga melalui pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Keberhasilan dalam kegiatan ini diwujudkan dalam partisipasi PKK Lawang Kidul pada acara launching Kalangan UP2K tingkat Kabupaten Muara Enim dua hari lalu di Taman Tugu Adipura Kota Muara Enim. Dimana acara tersebut mendapat perhatian pemerintah kabupaten Muara Enim dan TP PKK Provinsi Sumatera Selatan.

Ketua TP PKK Kecamatan Lawang Kidul, Ratna Yulianti SPd mengungkapkan, Usaha peningkatan Pendapatan Keluarga salah satu program TP PKK Kecamatan Lawang Kidul setelah mendapatkan pembinaan TP PKK Kabupaten Muara Enim. Selain itu, untuk menghidupkan ini pula, pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah dan perusahaan yang ada di sekitar kecamatan Lawang Kidul.

“Melalui kegiatan UP2K PKK inilah kami membina UMKM maupun ibu-ibu rumah tangga dilatih meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha,”ungkap Ratna.

Saat ini, lanjut Ratna, TP PKK Kecamatan Lawang Kidul melakukan pembinaan puluhan pelaku usaha kecil di setiap kelurahan dan desa bekerjasama dengan TP PKK setempat. Berbagai jenis usaha, seperti usaha aneka olahan keripik, batik, songket, tas, dan lainnya. Dalam mengembangkan pemasaran, pihaknya mengajak para pelaku usaha mengikuti berbagai kegiatan di luar daerah.

“Seperti pada acara lounching UP2K tingkat Kabupaten Muara Enim sangat efektif untuk mempromosikan produk-produk dari binaan. Kami sangat mendukung dengan adanya pasar Kalangan PKK ini dan mudah-mudahan kedepan Kabupaten Muara Enim bisa meningkat kunjungan wisatanya,”terang Ratna.

Sementara itu, Camat Lawang Kidul, Drs Rahmad Noviar MSi selaku pembina TP PKK di wilayahnya berharap, UP2K mampu menjadi motor penggerak pelaku usaha kecil yang ada di desa dan kelurahan. Selama ini, banyak sekali potensi yang perlu terus digali baik itu Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kecamatan Lawang Kidul.

“Pemerintah kecamatan akan terus mendorong PKK supaya tujuan pembangunan 10 program pokok PKK bisa tercapai,”ungkap Rahmad.