Ponpes Al Ittifaqiah Kuripan Wisuda 64 Santri

News, Sumsel

Ponpes Al Ittifaqiah Kuripan Wisuda 64 Santri

Muaradua, LamanQu id—Pondok pesantren (Ponpes) Al Ittifaqiah Indralaya Kampus Kuripan, Kecamatan Tiga Dihaji, Kabupaten OKU Selatan, kembali mewisuda 64 santri/ti Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah yang dinyatakan lulus pada program pondok tahun pelajaran 2023-2024. Secara bersamaan juga diwisuda 26 santri/ti tahfish Al-Quran 1-8 juz.

Wisuda dilakukan oleh Direktur Ponpes Al Itifaqiah Ilhamudin Mhum yang disaksikan langsung oleh Mudir Al Ittifaqiah KH Drs Mudrik Qori MA, Ketua Yayasan KH Joni Rusli Spd, Kabag Kesra OKU Selatan Rusnawi, Wakapolres OKU Selatan AKBP Hardan HS, para Pimpinan Ponpes dan para wali santri.

Pada kesempatan itu, Mudir KH Mudrik Qori juga memberikan penghargaan dan uang pembinaan kepada salah seorang santriwati terbaik tahfish Al Quran 8 juz yakni Syfa Aulia binti Muhtadin. Juga diberikan penghargaan serupa kepada santriwati favorit, Novitri binti Suherman. Acara Haplah dan HUT ke-4 yang berlangsung Senin (24/6) kemarin, di Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya Kampus Kuripan ini.

Acara berlangsung cukup meriah dengan adanya berbagai macam suguhan hiburan kesenian dan kebudayaan hingga malam hari.

Direktur Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya Kampus Kuripan, Ilhamudin Mhum pada kesempatan itu menyampaikan rasa bersyukur atas keberhasilan yang telah dicapai para santri/ti sehingga dapat lulus dengan hasil yang cukup membanggakan.

Pada usianya yang ke-4 tahun ini, pihaknya telah berhasil mengoptimalkan akreditasi untuk Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Al Ittifaqiah dengan membuahkan hasil mendapat nilai B.

‘’Ini menjadi nilai awal bagi kami yang sangat membanggakan, karena nilai B bagi kami Madrasah yang baru adalah nilai yang sangat tinggi,’’ ujarnya.

Menurutnya, dengan telah diraihnya nilai B ini tentunya akan menjadi motivasi untuk terus berbenah dan berikhtiar lebih maksimal agar dapat mencapai nilai lebih tinggi lagi.

Lebih lanjut dikatakan Ilhamudin, dalam masa setahun terakhir pihaknya juga terus berupaya untuk menyempurnakan berbagai sarana dan prasarana penunjang yang ada di lingkungan ponpes.

“Hal ini tentunya demi untuk membuat para santri/ti agar dapat nyaman dan sehat tinggal di Ponpes sesuai dengan standar pendidikan nasional. ‘’Menuju tahun ke-5 kita memprogramkan untuk menjadikan Ponpes hijau, bersih, nyaman dan sehat,’’ tambahnya.

Disisi lain Ilhamudin menjelaskan, dalam rangka menunjang ekonomi ponpes kedepan pihaknya juga telah mempunyai usaha penanaman jagung dan ternak kambing, yang merupakan juga program ketahanan pangan dari pemerintahan desa Kuripan 2. ‘’Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintahan desa Kuripan 2 yang telah berkontribusi untuk Ponpes Al Ittifaqiah,’’ imbuhnya.

Gunting Pita

Haplah tahun ini juga ditandai dengan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya pembangunan ruang tunggu tamu dan wali santri oleh Mudir KH Drs Mudrik Qori MA. Diharapkan untuk kedepannya akan terus dibangun fasilitas pendukung lainnya demi untuk kemajuan Ponpes Al Ittifaqiah Kampus Kuripan.

Pada kesempatan itu Mudir KH Drs Mudrik Qori MA juga mengapresiasi kerberhasilan dan berbagai prestasi yang telah dicapai oleh Al Ittifaqiah Kampus Kuripan. ‘’Keberhasilan ini diharapkan akan menjadikan Ponpes Al Ittifaqiah ini menjadi salah satu ponpes yang maju dan unggul tidak hanya ditingkat kabupaten, akan tetapi tingga dunia,’’ harapnya.

Apresiasi juga disampaikan KH Mudrik kepada para pejabat OKU Selatan, Kepala Desa se-Kecamatan Tiga Dihaji dan tokoh masyarakat yang telah memberikan dukungan penuh demi keberhasilan Al Ittifaqiah.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan diwakili Kabag Kesra Ruswani berpesan kepada suluruh santri agar dapat mewarnai lingkungan masyarakat dengan semangat yang tingga untuk menjadi contoh, panutan dan manfaat bagi masyarakat di lingkungannya. ‘

’Ilmu agama, ilmu adab dan tata krama yang kalian dapatkan selama menjalani pendidikan di ponpes ini hendaknya dapat diterankan dan menjadi contoh di masyarakat umum,’’ pintanya.(tis)