OSIS SMKN 1 Palembang Gelar Sakti Competition Ke V Tahun 2024

News, Pendidikan, Sumsel
Sakti Competition Ke V , SMK Negeri 1 Palembang

Palembang, LamanQu.idPemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si., GRCE yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan (E.Keu) dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel Drs Sutoko, M.Si, menghadiri serta membuka kegiatan Lomba Tahunan “Sakti Competition yang ke V Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh OSIS Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang.

Adapun tema Kegiatannya sendiri yakni CASTLE “Championing Ambitions Striving Toward Limitless Excellence” yang mana kegiatan ini sendiri dipusatkan di halaman SMK Negeri 1 Palembang yang di jalan Letnan Jaimas No. 11 Sungai Pangeran Kecamatan Ilir Timur 1 Kota Palembang, Rabu (12/6/2024).

Turut hadir di dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dalam hal ini dari Bidang SMK Disdik Provinsi Sumsel, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Palembang Drs H Zulfikri, M.Pd, Kepala SMK Negeri 2 Palembang H. Suparman, S.Pd., M.Si, Kepala SMK Negeri 8 Palembang Rafli, S.Pd., M.Pd,dan undangan lainnya.

Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang E.Keu dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel Drs. Sutoko, M.Si mengatakan, ini ada rangkaian kegiatan lomba dari macam-macam ekstrakurikuler dengan macam-macam tangkai lomba diadakan di bidang Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, bahkan MA di kota Palembang provinsi Sumsel.

Sakti Competition ini diadakan tiap tahun untuk memfasilitasi peserta didik, mengasah bakat dan minatnya dari berbagai lomba.

“Harapan daripada kegiatan ini akan lahir calon pemimpin-pemimpin, calon penerus bangsa yang berkarakter, yang cerdas, sehat jasmani, dan unggul, serta siap bertransformasi,” ujarnya.

Kemudian, bonus demografi terjadi di mana pada masa itu terdapat penduduk dunia yang produktif sebesar 70 persen terwujudnya infrastruktur emas 2045 yang unggul dan berdaya saing merupakan tujuan utama.

Tentunya tidak kalah membutuhkan karakter yang bersih sehingga menjadi pribadi yang memiliki integritas, beriman, berakhlak mulia, mandiri, kreatif, berpikir kritis, dan berjiwa gotong royong

“Dengan adanya lomba-lomba yang diadakan ini menjadi wadah yang dibutuhkan para calon pemimpin masa depan sebagai generasi emas,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, di mana hal ini sejalan dengan visi dan misi pemprov Sumsel mewujudnya Sumsel Sejahtera, Unggul, dan Terdepan. Dan pada kesempatan sini saya juga mengucapkan selamat kepada Kepala SMK Negeri 1 Palembang yang telah berusia tepat 60 tahun sehingga bertepatan dengan Hari Ulang Tahunnya.

Sehat selalu Kepala SMK Negeri 1 Palembang, semangat muda dari Kepala SMK Negeri 1 Palembang wajar kita tiru untuk seluruh generasi, terutama pada keluarga besar dari SMK Negeri 1 Palembang.

“Kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini kami ucapkan terima kasih, dapat berjalan lancar, dan kepada para peserta lomba Sakti Competition Tahun 2024 selamat mengikuti kegiatan lomba Sakti Competition Tahun 2024 sampai selesai,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Palembang Drs H Zulfikri, M.Pd menuturkan, pihaknya sangat bersyukur sekali bahwa kegiatan ini sendiri dihadiri dari perwakilan pemprov Sumsel dalam hal ini Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang E.Keu dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel, dan juga dari Disidk Provinsi Sumsel dalam hal ini Bidang SMK Disdik Provinsi Sumsel.

“Kita dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lancar. Kegiatan ini dapat membangun kreativitas para pelajar dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) di provinsi Sumsel. Sakti Competition Ke V Tahun 2024 ini sendiri diikuti sekitar ada 400 tim dari 42 sekolah di Sumsel,” katanya.

“Dan ini akan berlangsung dari tanggal 12 sampai ke 4 hari ke depan, yakni tanggal 12, 13, 14, 15, dan 16, serta ada 6 masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah dari para sponsor yang telah mensukseskan kegiatan ini,” tandasnya.