Dalam Waktu Dekat, Pasar Banyuwangi akan Direvitalisasi

Jatim, News
Direvitalisasi , Pasar Banyuwangi

Banyuwangi, LamanQu.idDengan dukungan dari pemerintah pusat, Pasar Banyuwangi yang berada di pusat kota akan segera direvitalisasi. Kamis (16/05/2024)

Harapannya, revitalisasi akan meningkatkan kunjungan orang ke pasar. Sehingga pasar bisa benar-benar menjadi pusat perekonomian yang menjanjikan bagi para pedagangnya serta nyaman bagi para pembelinya.

Selain itu, akan memperkuat daya tarik wisata mengingat letak pasar induk ini berada tepat di jantung kota Banyuwangi. Selain itu, di dekat pasar juga terdapat bangunan cagar budaya eks kantor Kamar Dagang Inggris.

Pasar Banyuwangi akan Direvitalisasi

Pembangunannya akan tetap mempertahankan fasad bangunan asli, karena pintu gerbangnya adalah bangunan bersejarah.

Bangunan bagian depan yang termasuk cagar budaya hanya akan direvitalisasi. Sementara bagian belakang bidak-bidak pedagang yang beratap seng akan dibongkar. Kemudian dibangun kembali dengan lebih modern namun tetap mengadopsi arsitektur lokal Osing.

Misalnya, untuk atap bangunan pasar akan dibuat menyerupai bentuk atap rumah adat Osing.

Bangunan pasar tersebut, gedung utamanya akan dibangun dua lantai. Dibagi atas pasar basah, pasar kering dan area kuliner. Juga dilengkapi dengan gedung parkir yang dibangun tiga lantai.

Jadi nanti depan pasar akan rapi, jalan aspalnya juga akan diganti dengan paving. Kalau malam bisa dipakai untuk jalan-jalan dan kulineran wisatawan yang akan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.