Gelapkan Uang Perusahaan, Mantan Kepala Purchasing PT Sutopo Lestari Jaya dan PT Tedmon Indonesia Divonis Empat Tahun Penjara

Hukum, Kriminal, News
gelapkan uang perusahaan , penggelapan dalam jabatan

Palembang, LamanQu.idImbas gelapkan uang perusahaan miliaran rupiah, Vera mantan kepala purchasing PT Sutopo Lestari Jaya dan PT Tedmon Indonesia dihukum empat tahun penjara. Hal tersebut diketahui saat hakim ketua Eddy Cahyono SH MH membacakan amar putusan terhadap terdakwa, Kamis (21/12/2023).

“Menyatakan terdakwa Vera telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan. Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama empat tahun,”tegasnya.

Dalam perkara tersebut terdakwa Vera dijerat dengan pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan Jo pasal 64 ayat (1) KUHP.

Vonis tersebut sedikit lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel yang pada agenda sidang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman 3 tahun 10 bulan penjara.

Diketahui dalam dakwaan modus yang dilakukan bermula pada saat terdakwa menjabat sebagai kepala purchasing (pembelian) melakukan pembelian barang kebutuhan perusahaan. Namun berdasarkan audit internal ditemukan penyimpangan sehingga menyebabkan kerugian PT Sutopo Lestari Jaya senilai 1,9 miliar lebih dan PT Tedmon Indonesia senilai 695 juta.

Sementara itu, kuasa hukum PT Sutopo Lestari Jaya dan PT Tedmon Indonesia Dedi Alex SH saat diwawancarai seusai sidang mengaku apresiasi terhadap putusan majelis hakim yang dinilai sudah baik dan maksimal dalam menjatuhkan vonis.

“Kita apresiasi kinerja hakim yang sudah bagus dan maksimal dalam menangani perkara ini,” singkatnya.