Antisipasi Dampak El Nino, Kodam III/ Siliwangi Siapkan Bantuan Mesin Bor Air

Jabar, News
alat bor air , kebutuhan air bersih

Cimahi, LamanQu.idPenandatanganan serah terima alat bor air( VMF) Vertikal Magnetic Finder dari PT Arkarega kepada Kodam III Siliwangi. Dilaksanakan di kompi bantuan Yon zipur 3/WY, jln. Kalidam Cimahi, Rabu (18/10/2023).

Setelah malaksanakan penyerahan alat sumur bor pangdam bersama para pejabat Utama Kodam III Siliwangi melihat secara langsung cara kerja alat deteksi air Vertikal Magnetic Finder (VMF).

“Minggu depan alat ini akan kita geser ke kabupaten Indramayu untuk titik pertama pengeboran. Setelah kami komunikasi dengan ITB, ternyata titik airnya ada di area persawahan. Kalau kita bor di sana maka kita akan mendapatkan tungkunya,” ujar Pangdam.

Hal itu disampaikan oleh Pangdam III Siliwangi saat serah terima alat bor tersebut. Pangdam mengatakan sebagai dampak El Nino yang melanda akhir akhir ini membuat banyak wilayah terdampak kekeringan. Akibatnya debit air sangat kecil dan itu juga di atur penggunaannya.

Lanjutnya ketika sudah dilakukan pengeboran, selanjutnya masuk musim penghujan maka saluran akan di tutup. Kemudian akan di buka kembali saat musim kemarau untuk dialirkan ke rumah Warga serta saluran irigasi.

“Kita upayakan untuk titik pertama di Kabupaten Indramayu, karena produksi padi terbesar di Jawa Barat ada disana dengan luas lahan sekitar 40 ribu hektar,” ucap Pangdam.

Pangdam mengaku bahwa yang dilakukannya untuk kepentingan masyarakat. “Ini semua untuk kepentingan masyarakat, mesin bor ini bisa mencapai kedalaman 120 meter,” jelas Pangdam.

“Semoga masyarakat akan tercukupi kebutuhan air bersihnya. Setelah itu bisa kembali membuka lahan pertanian baru. Sementara lahan lahan pertanian yang dilanda kekeringan akan bisa teraliri air dari mesin bor ini,” harap Pangdam.

“Motivasi kami meningkat untuk berbuat demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat, ternyata banyak sekali di Jabar ini daerah yang kekurangan air bersih. Dengan mesin ini salah satunya bisa mencukupi kebutuhan warga,” pungkas Pangdam.