Usai di Lantik, PJ Wako Ratu Dewa Siap Atasi Kabut Asap Karhutla di Palembang

News, Sumsel
Kabut Asap , Karhutla di Palembang

Palembang, LamanQu.idUsai dilantik Gubernur Sumsel, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa siap menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Bahkan, Ratu Dewa siap mengatasi persoalan kabut asap yang hingga saat ini masih menjadi masalah.

Berdasarkan data Indeks Kualitas Udara (AQI), Kota Pempek bertahan di peringkat satu polusi buruk dengan level 190 poin.

“Dari awal sudah bentuk tim, bahkan sudah saya rapatkan kerjasama untuk ini (kabut asap),” tuturnya, Senin (18/9/2023).

Menurutnya keberhasilan mengatasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) tidak akan selesai tanpa bantuan dan dukungan pihak-pihak lain. Maka itu perlu kerjasama tim dalam menangani kondisi udara yang tidak sehat.

“Saya juga sudah bicara dengan Dandrem perihal kabut asap,” tegasnya.

Langkah awal mengatasi kabut asap agar tak makin meluas adalah dengan sinergi bersama stakeholder. Salah satunya meminta masyarakat untuk aktif melapor titik hotspot potensi karhutlah di lingkungan sekitar.

“Untuk segera mengatasi (karhutlah), khususnya dari pihak kecamatan dan kelurahan agar menyampaikan detail soal karhutlah,” ungkapnya

Akibat kabut asap kini kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) turut meningkat di Palembang. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) kota, kasus ISPA di Bumi Sriwijaya mencapai 4.325 kasus dengan penderita paling rentan dialami anak usia di bawah 5 tahun.

Kasus ISPA ini cukup tinggi saat udara di Palembang cukup buruk pada minggu pertama September hingga minggu kedua. Terakhir kasus ISPA mencapai 4.325 kasus,” tandasnya.