Kenang Jasa Hj Percha Leanpuri, PB PBI Jadikan Turnamen Bowling Leanpuri Cup Jadi Agenda Tahunan Nasional

News, Olahraga, Sumsel
Persatuan Bowling Indonesia , Turnamen Bowling Leanpuri Cup

Palembang, LamanQu.idKetua Umum (Ketum) Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI) Dr. Jerry Sambuaga menyatakan, Kejuaraan Boling Tingkat Nasional Leanpuri Cup akan menjadi event rutin tahunan bagi PB PBI sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang selama hidupnya dalam hal ini Almh Hj Percha Leanpuri.

“Saat beliau (Almh Hj Percha Leanpuri) memimpin PBI banyak berkontribusi untuk masyarakat Sumsel. Jaddi PB PBI memberikan sebuah penghormatan yang kita berikan secara khusus, menjadikan Leanpuri Cup sebagai agenda tahunan nasional,” katanya, saat menghadiri Pembukaan Kejuaraan Boling Tingkat Nasional Leanpuri Cup Tahun 2023, Jakabaring Bowling Centre, Jakabaring Palembang, Selasa (18/7/2023).

Jerry Sambuaga menegaskan, Kejurnas Bowling Leanpuri Cup diharapkan dapat memberikan semangat bagi para atlet baru untuk terus mengasah kemampuan dengan berkompetisi yang sportif. Dimana pada Kejurnas kali ini melibatkan 144 atlet berasal dari 17 Provinsi.

“Kita harapkan kejurnas ini akan menjadi semangat baru bagi pecinta bowling di Sumsel dan berdampak pada kemajuan olahraga Bowling di Indonesia,” tuturnya.

Sementara Gubernur Sumsel H Herman Deru yang hadir didampingi Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia dalam sambutannya mengatakan, sebagai warga Sumatera Selatan dan sebagai pemimpin daerah Ia merasa terhormat karena kompetisi bowling tingkat nasional diselenggarakan dilintasan Bowling Center yang bertaraf international.

“Ini mudah-mudahan ini akan menumbuhkan semangat bagi anak-anak muda di Sumsel agar gemar main bowling. Sebagai pribadi Saya mengucapkan terima kasih pada Pak Ketum yang telah menetapkan Leanpuri Cup menjadi agenda rutin PB PBI. Ini menjadi suatu kehormatan bagi saya ayah dari almarhumah yang dulunya pernah menjabat ketum PB PBI,” tambahnya.

Ketua Persatuan Bowling Indonesia (PBI) Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH dalam laporannya menyebut Kejunas Bowling Leanpuri Cup Tahun 2023 melibatkan 114 atlet dari 17 Provinsi.

“Semangat Leanpuri tidak akan mati, akan tetap kita gelorakan melalui Kejurnas Bowling,” katanya.

Anita mengungkapkan, Persatuan Bowling Indonesia (PBI) Sumsel hari ini melaksanakan Turnamen Bowling Leanpuri Cup untuk meneruskan semangat dari almarhumah Hj Percha Leanpuri yang pernah menjabat pengurus besar PBI di pusat.

“Sehingga gelora ini harus terus kita gelorakan. Saya bersyukur ini sudah disetujui dalam rakernas untuk dijadikan agenda tahunan. Karena saya ingin mengajak seluruh masyarakat bahwa olahraga bowling ini adalah olahraga masyarakat bukan olahraga eksklusif. Jadi saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai olahraga bowling terutama kepada kaum perempuan, harus mencontoh semangat almarhumah,” katanya.

“Beliau (Percha Leanpuri, red) tidak hanya berhasil di bidang olahraga. Namun kita juga lihat prestasi beliau sebagai anggota DPD, anggota DPR RI yang sudah ditorehkan untuk Sumsel begitu juga beliau Duta literasi. Kita khususnya PBI harus terus menggelorakan semangat Hj Percha Leanpuri. Semangat itu tidak pernah padam. Jadi olahraga bowling itu tidak pernah berhenti tapi harus terus harus ada,” pungkasnya.