Devi Suhartoni Dilantik Jadi Ketua DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Sumsel

News, Sumsel
Keluarga Besar Pujakesuma , LBH Pujakesuma Sumsel

Palembang, LamanQu.id Pelantikan Dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Sumatera Selatan (Prov Sumsel ) Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Sumsel 2022- 2027 Palembang Devi Suhartoni resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP Pujakesuma Eko Supianto SE bertempat di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (01/05/23).

Pelantikan Ketua Pujakusma Sumsel bertepatan dengan hari lahirnya Ketua DPW Pujakusuma H Devi Suhartoni yang ke 54 tahun.

Pelantikan pengurus DPW Pujakusuma dihadiri oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru juga sebagai Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma DPW Sumsel .

Ketua DPW Provins Sumsel H.Devi Suhartoni dalam pidatonya menjelaskan, Paguyuban Pujakesuma Ini dibentuk dengan tujuan menjadi generasi penerus suku jawa guna mempertahankan tradisi seni dan budaya dari pendahulu dan menciptakan generasi yang tak lupa sejarah.

Paguyuban ini Kata Devi, sebagai alat permasatu tali silaturahmi ke sesama suku jawa dan untuk meneguhkan eksistensi suku jawa yang ada di Sumatera Selatan hingga muncul intelektual dan birokrat suka jawa yang menduduki posisi Pemerintahan.

“Paguyuban ini merupakan sarana untuk membuat komunitas yang saling asah, asih dan asuh, serta dengan hadirnya pujakesuma terciptalah media untuk mempertautkan perasaan orang jawa di tanah seberang,”kata H.Devi Suhartoni dalam pidatonya.

Devi juga menjelaskan kedepan DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Sumsel kedepan memiliki program diantaranya, belajar bahasa jawa halus dan kasar.

Selain itu sambung Devi, Keluarga Besar Pujakesuma harus memiliki keterampatilan dalam berbahasa Inggris, maka kedepan DPW Pujakesuma di Sumsel harus belajar mengusasi bahasa inggris dengan cepat.

“Menciptakan koperasi dan juga UMKM, membentuk legal LBH Pujakesuma Sumsel dan masih banyak program-program lainnya,” jelas dia.

Bupati Devi Suhartoni menjelaskan, kalau program ini merupakan wujud dari kearifan lokal yang selaras dengan semangat global, nilai kebudayaan yang terus menjunjung kokohnya nilai kebangsaan.

“Semoga ini bisa menjadi sarana untuk menyatukan atau bahasa jawanya Ngumpulne balung pisah sebagai elemen dasar yang membagun kepercayaan sebagai inti model sosial bangsa indonesia terkhusus Sumsel,” ujarnya.

Devi Suhartoni sedikit memberikan sejarah singkat keturunan Jawa dirinya, dia menyebut kalau Mbah Putri (Nenek) dari Sang Ibunda Tercinta merupakan keturunan dari Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, “Pelantikan pengurus DPW Pujakusuma yang baru ini berharap kedepannya menjadi banteng bagi pertahanan adat istiadat dan kebudayaan di Sumsel yang berasal dari Pulau Jawa.”