Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Gelar Bimtek Pengelolaan BOS SMA

News, Pendidikan, Sumsel
Bimtek Pengelolaan BOS SMA , Sistem Penerapan BOS

Palembang, LamanQu.idBimbingan Teknis Pengelolaan Dana Operasional Sekolah (BOS) SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan di Hotel Swarna Dwipa tanggal 24 sampai 26 Mei 2023.

Kabid SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs Joko Edi Purwanto MSi mengatakan, kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Operasional Sekolah (BOS) SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2023 ini dilaksanakan dimulai dari perencanaan dari RAKS. Sehingga tahu secara mendalam, itu seluruhnya ada di dalam ketentuan.

“Oleh karena itu, perlu ada penyaman keseragaman di dalam melaksanakan kegiatan. Oleh sebab itu perlu diadakan kegiatan bimbingan teknis bagi bendahara BOS khususnya se Sumatra Selatan, baik dalam pelaporannya akan menjadi sama dan seragam,” katanya.

“Jadi dalam pengelolaan manajemen BOS itu atau laporan keuangan dalam sekolah itu bisa sama, tidak ada yang tumpang tindih dengan dana yang lain. Karena itu khusus dana BOS, maka itulah diadakan kegiatan bimbingan teknis ini,” tambah Joko.

Untuk sistem penerapan BOS, Joko menuturkan, yang terbaru yang pasti dan pelaksanaan paling banyak dari Siplah. Karena bukti autentik yang paling mudah dan paling akurat adalah melalui transfer.

“Jadi sekarang tidak perlu lagi bikin cap, kwitansi itu lebih baik dengan transfer dan itu lebih akurat dalam pembukuan khususnya pembukuan di dalam administrasi keuangan,” tuturnya.

Lebih lanjut Joko menerangkan, kegiatan dilaksanakan tanggal 24 sampai 26 Mei 2023. Karena dalam satu hari ada beberapa kabupaten.

“Harapan kami Dinas pendidikan terciptanya suatu administrasi pengelolaan dana BOS yang rapi dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku di dalam petunjuk teknis,” bebernya.

Joko mengimbau kepada kepala sekolah untuk ikutilah aturan yang ada terutama pelaksanaan penggunaan atau fungsi teknis penggunaan dana BOS. “Karena di sana sudah ditentukan semuanya. Jadi tidak boleh menyimpang dari petunjuk teknis,” tandasnya.