O2SN Tingkat Kota Palembang Ajang Memperoleh Bibit Untuk Menjadi Juara Tingkat Provinsi dan Nasional

News, Pendidikan, Sumsel
Olimpiade Olahraga Siswa Nasional , penyaluran bakat anak-anak

Palembang, LamanQu.idDinas Pendidikan kota Palembang gelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Palembang jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2023, Rabu (24/5/2023).

Bertajuk Generasi Sehat Talenta Hebat Pembukaan dan Pelaksanaan (O2SN) dilaksanakan di Bumi Perkemahan Candika Palembang.

Kepala Dinas Pendidikan kota Palembang Ansori, ST. MM menuturkan, O2SN merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan telah terprogram.

Dikatakan Ansori, jika adanya olimpiade olahraga tersebut menjadi wadah penyaluran bakat anak-anak, termasuk untuk memunculkan bakat-bakat atlet sejak dini yang berpotensi dan akan di dipertandingkan ke jenjang berikutnya.

“Mulai dari sekolah mengadakan tingkat Kecamatan, ke tingkat kota, dari kota ke Provinsi, dari Provinsi ke tingkat Nasional dan seterusnya,” tegasnya.

Selain itu Ansori menyebutkan melalui kegiatan tersebut maka dapat dijadikan modal untuk siswa mendaftar sekolah lewat jalur prestasi.

“Penerimaan siswa baru pun ada jalur prestasi non akademik dan kalau mereka jadi juara dalam tingkat kota dapat menjadi modal dalam melanjutkan jenjang pendidikan tanpa adanya zonasi, sudah langsung di terima di jalur prestasi ini,” ungkapnya.

“Saya berharap bibit-bibit atlet di kota Palembang akan terlihat dan menjadi juara ke tingkat propinsi dan ke tingkat nasional,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama Ketua K3S SD kota Palembang, Mat Genti, S.Pd. MM., mengatakan jika pelaksanaan O2SN telah dipersiapkan mulai dari sekitar setengah bulan lalu dengan peserta yang berpartisipasi seluruh SD Negeri dan Swasta di kota Palembang.

“Kami sudah seleksi dari tingkat kecamatan, ini yang sudah berjalan tingkat kota dan mudah-mudahan setelah ini kami akan melaksanakan ke tingkat provinsi,” tutup Mat Genti yang sekaligus sebagai Kepala SD Negeri 129 Palembang.