Membangun Rasa Percaya Diri, Mahasiswa Siap Latih Public Speaking

News, Pendidikan, Sumsel
Cek Gaya , Public Speaking

Palembang, LamanQu.idGiat rutin setiap tahunnya Laboratorium Terpadu Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Raden Fatah Palembang adakan seminar di Lantai 4, Sumatera Selatan, Selasa (23/05/2023).

Kegiatan ini bertujuan guna memberikan edukasi dan pembelajaran serta mengasa kemampuan mahasiswa guna meningkatkan kepercayaan diri dalam menempatkan diri, di depan podium maupun berbicara ditengah orang banyak.

Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Rasa Percaya Diri Melalui Public Speaking”

Penyiar RRI Pro 1 Palembang Lidya Ulansari sering dikenal Cek Gaya mengatakan manusia adalah mahluk sosial setiap aktivitas harus adanya interaksi oleh karena itu komunikasi salah satu hal yang penting dalam kehidupan.

“Dalam Public Speaking ada beberapa hal langkah awal yang harus dipersiapkan yaitu
Master your topic, pelajaran ilmu public speaking, mempelajari bagaimana me-marketing-kan diri.” Ujar Cek Gaya

Cek Gaya menambahkan adapun juga hal yang harus dihindari dari Public Speaking sendiri yaitu jauhi dari rasa gugup, gemetar, rasa takut, dan tegang pada saat berbicara di depan orang banyak.

Dalam seminar Lidya Ulandari alias Cek Gaya ini melakukan pendekatan megenai Public Speaking seperti peregangan mulut, membaca kosa kata dalam bentuk kode, melatih artikulasi, dan melakukan tes vocal hal ini berguna dalam mengasah kemampuan yang dipergunakan dalam Public Speaking.

Ditempat yang sama Ketua Laboratorium Terpadu Fadakom Zhillah Jannati, M.Pd mengatakan acara seminar laboratorium ini diadakan disetiap tahunnya guna meambahkan edukasi dan ilmu kepada mahasiswa/i Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

“Semoga dengan terselenggaranya acara ini bisa bermanfaat bagi kita dan diterapkan secara langsung, apalagi acara kali ini mengusung tema tentang Public Speaking ini sangat berguna sekali dalam segala bidang yang dikerjakan,” tandasnya.