Peran Yayasan Seni Dinda Bestari dalam Ekosistem Kebudayaan Di Kota Palembang

News, Sumsel
Festival Tari Tradisi , Kreasi Rodat Palembang , Pemenang Festival Tari Kreasi

Palembang, LamanQu.idYayasan Seni Dinda Bestari dan Sanggar Seni Tari Tradisional Dinda Bestari pimpinan Nurdin, S. Pd., M.Sn menggelar Workshop 7-8 Februari 2023, dan dilanjutkan Festival Tari Tradisi dan Kreasi Rodat Palembang, Sabtu (11/3/2023) di OPI Mall dan Rabu (15/3/2023) di Transmart Palembang.

Sementara untuk workshop tari rodat palembang diikuti oleh 35 SMP/MTs se-Kota Palembang, sedangkan untuk Festival Tari Tradisi Rodat 11 Maret lalu diikuti 30 oleh Tim SMP/MTs se-Kota Palembang dan didapatlah 6 penyaji terbaik.

Pada Festival Tari Kreasi Rodat Tingkat Sanggar se-Kota Palembang diikuti oleh 10 tim sanggar di Kota Palembang. Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, sekaligus Ketua Yayasan Seni Dinda Bestari dan Sanggar Seni Tari Tradisional Dinda Bestari, Nurdin, S. Pd., M.Sn , Festival Tari Tradisi dan Kreasi Rodat Palembang untuk tingkat sanggar sekota Palembang yang diikuti 10 peserta.

Sebelumnya tanggal 11 Maret , pihaknya menggelar Festival Tari Tradisi Rodat Palembang untuk tingkat SMP Sekota Palembang di Opi Mali yang diikuti 30 peserta yang bukan hanya diikuti peserta Palembang tapi juga Ogan Ilir (OI), Pemulutan dan Banyuasin III.

“Ini adalah wujud dari implementasi dari workshop kemarin satu bulan setengah yang lalu , 7 dan 8 Februari aku mengadakan disini juga workshopnya sekarang pelaksanaan festivalnya,” katanya.

Kegiatan ini menurutnya sebagai wujud dari revitalisasi terhadap tari rodat, karena tari rodat ini tidak dikenal lagi oleh kalangan muda terutama anak-anak sekolah.

“Jadi begitu aku tanya waktu workshop kemarin soal tari rodat, tidak ada yang tahu termasuk gurunya tidak tahu, artinya khan penting dilakukan revitalisasi ini,” katanya.

Untuk pemenang akan mendapatkan sertifikat piala dan uang pembinaan.

“Untuk tiga tahun kedepan , fokus penguatan daripada hasil revitalisasi tari rodat, mungkin setelah tiga tahun kedepan melanjutkan festival ini , nah Insya Allah baru bisa di lepas, kalau bisa di lepas, maka Yayasan Seni Dinda Bestari dan Sanggar Seni Tari Tradisional akan fokus merevitalisasi kesenian yang lain di kota Palembang yang hampir punah di katakan, yang tidak di kenal orang lagi,” katanya.

Dan kegiatan ini menurutnya di sponsori Dana Indonesiana, LPDP dan Kemendikbud RI.

“Yang mengikuti kegiatan ini antusiasnya tinggi, karena yang ikut festival ini anak-anak SMP hingga remaja,” katanya.

Pemenang Festival tingkat SMP

  1. Terbaik I SMP N 7 Palembang
  2. Terbaik II SMP N 1 Palembang
  3. Terbaik III SMP N 8 Palembang
  4. Harapan Terbaik 1ISMP N 31 Palembang
  5. Harapan Terbaik II SMP SRIGUNA Palembang
  6. Harapan Terbaik III SMP N 7 Palembang

Pemenang Festival Tari Kreasi Rodat Tingkat Sanggar

  1. Terbaik I sanggar Musi
  2. Terbaik II sanggar Mei Mei
  3. Terbaik III sanggar Nusa Kirana.