BPIP RI Gelara Acara Evaluasi Program Paskibraka Membentuk Calon Kaderisasi Pemimpin Bangsa

Evaluasi Pembinaan Ideologi Pancasila, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka
google news, lamanqu

Palembang,LamanQu.idAcara evaluasi program Paskibraka sesuai Mandat Peraturan Presiden No 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang di selenggarakan oleh Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI), bertempat di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Selasa (6/12/2022).

Direktur Pengendalian BPIP, Mukhammad Fahrurozi menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk lebih memberikan kesempatan kepada Pemda baik Provinsi, Kabupaten/ Kota untuk mengevaluasi terkait program Paskibraka tahun 2022 dan harapanya pelaksanaan mendatang.

“Saya kira permasalahan yg menjadi concern pelaksanaan Paskibraka tidak hanya di Sumsel saja tapi juga sebagian besar di seluruh Indonesia, tapi kita sudah mensosialisasikan penerbitan Perpres tentang Program Paskibraka dan peraturan pelaksanaannya yang sekarang dikoordinasikan oleh BPIP,” Ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa ada yang harus dilakukan perbaikan oleh teman teman di Pemda terkait manajemen pengelolaan program dan penggaranya, karena peraturan Perpres dan Perban yang sudah diterbitkan maka otomatis dari pusat kebawah dilaksanakan secara sinkron dari pusat ke daerah provinsi dan Kabupaten/Kota. Perlunya sinergi dan kolaborasi yang kuat, kepemilikan dan tanggung jawab dalam melaksanakan/mensukseskan program paskibraka.

“Untuk membentuk calon kader pemimpin bangsa yang berkarakter pancasila, untuk itu kami dari pemerintah pusat harus sinergi dengan Pemda dan memahami bahwa program ini adalah menjadi tanggung jawab kita bersama, dengan ini kita berharap kedepanya kita akan memiliki talenta-talenta yang berkarakter Pancasila atau calon pemimpin yang mempunyai potensi dan mempunyai wawasan luas, kreatif, inovatif mandiri dalam kontribusi signifikan mencapai generasi emas 2045,” Paparnya.

“Jadi kita punya data base yang komplit potensi anak muda yang bisa kita manfaatkan adik adik Paskibraka itu untuk perekrutan di segala sektor, calon pemimpin di Pemerintah Pusat dan Daerah yang memiliki karakter Pancasila, jadi semakin banyak kita merekrut calon calon Paskibraka artinya kita dapat mengkatalisasi hal hal yang bertentangan dengan nilai nilai pancasila,” katanya.

Sebagaimana arahan dari Presiden untuk menggarap generasi muda, generasi muda ini lah yang menjadi sasaran target untuk akselarasi nilai pancasila, dengan mengembangkan minat, bakat serta kompetensi dari generasi muda itu sendiri dalam rangka untuk membentuk calon calon kader pemimpin bangsa,” katanya.

Lebih lanjut Fachrurozi menuturkan bahwa peran dari Kesbangpol sendiri terkait Paskibraka itu sendiri adalah sesuai dengan mandat Perpres dan Perban bahwa program Paskibraka itu di berikan mandat terhadap urusan Pemerintahan umum dan identik dengan Kesbangpol.

“Artinya Para Paskibraka ini pembentukan Sekretariat berada di Kesbangpol, namun dalam kepanitian pelaksanaanya terkait pembentukan Paskibraka akan melibatkan Dispora, BKAD, Bappeda, Biro Protokol, Dinas pendidikan dan Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI),” tandasnya.

Pos terkait