Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel Perbarui Data LBS, Tidak Boleh Mainkan Data

News, Sumsel
pembaruan data , pendataan lahan , Sarana Pertanian

Palembang, LamanQu.idDinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat koordinasi pembaruan data dan informasi luas lahan baku sawah tahun 2022 bertempat di Hotel Swarna Dwipa, Selasa (15/11/2022).

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Ifantria mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan lahan baku sawah (LBS) karena ada yang belum terdaftar di dalam LBS ATR BPN.

“Sudah ada data pada tahun 2019, tapi masih banyak lahan kita yang belum terdata di ATR BPN, itu di data itu mau dirapatkan untuk tahun ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Ifantria menuturkan, data sebelumnya adalah 470.000 hektar, dari yang seharusnya 620.000 hektar.”Jadi kita aku lakukan updating lagi di seluruh 17 kabupaten kota,” ucapnya.

“Karena masih banyak yang belum terdata, kita mencari penambahan yang belum dimasukkan dalam data LBS di ATR BPN. Jadi akan dimasukkan dan diusulkan, karena kementerian itu akan melakukan verifikasi tahun 2023 ,” bebernya.

Lebih lanjut dia menuturkan, tim dari ATR BPN akan memverifikasi dari data yang disampaikan.

“Kita akan cek data pasti dilapangan. Karena tidak boleh mainkan datanya kalau memang benar sawah harus dicatat LBS. Karena ini peruntukannya untuk ketahanan pangan di Sumsel untuk menanam padi,” tandasnya.