Sumsel Targetkan Raih Juara Umum di Kejuaraan Nasional Tekwondo Wilayah 2

News, Sumsel
Atlet Dari Sumsel , Kejuaraan Nasional Tekwondo , Piala Gubernur Sumsel 2022

Palembang, LamanQu.idKejuaraan Nasional Tekwondo Wilayah 2 (Sumsel, Jambi, Lampung, Bangka Belitung dan Bengkulu) memperebutkan Piala Gubernur Sumsel 2022 di Jakabaring Sport City Palembang, Jumat (4/11/2022) sore. Perlombaan tersebut dihadiri Ketua Umum PBTI Letjen TNI (Purn) H. Thamrin Marzuki dan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan selamat bertanding untuk seluruh atlet yang mengikuti Kejuaraan Nasional Tekwondo Wilayah 2 “Semoga atlet Sumsel dapat meraih juara umum dan bisa masuk ke Kejurnas, ” ujarnya.

Kejurnas Tekwondo Piala Gubernur Sumsel

Ketua Umum PBTI Letjen TNI (Purn) H. Thamrin Marzuki menuturkan, kejuaraan wilayah terdiri dari 6 wilayah. Perlombaan wilayah 1 di Aceh ada untuk 5 provinsi yakni Aceh, Riau, Kepri, Sumut dan Sumbar sudah dilaksanakan 28 sampai 31 Oktober.

Untuk wilayah 2 terdiri dari Sumsel, Jambi, Lampung, Bangka Belitung dan Bengkulu. Di wilayah 2 diikuti 1.210 atlet dan ini peserta terbanyak. Karena saat di Aceh pesertanya hanya 500 atlet. “Untuk perlombaan di Wilayah 2 dilaksanakan tanggal 4-6 November, ” ujarnya.

“Kita harapkan olahraga Nasional pembinaan atlet usia dini atlet usia dini usia 10 tahun. Karena target pemerintah itu untuk 2044 ditargetkan masuk 5 besar olympic. Artinya 10 tahun keatas yang kita ambil untuk bisa 2044. Kita buat kejurnas nantinya ini kita buat di enam wilayah,” bebernya.

Thamrin menuturkan, untuk wilayah tiga itu Jawa sldilaksanakan di Banten intuk DKI, DIY , Banten Jateng, Jatim dan Jabar. Untuk wilayah 4 dilaksanakan di Kalimantan Selatan untuk provinsi yang ada di pulau Kalimantan, dan wilayah itu Sulawesi dilaksanakan di Makassar, dan Wilayah 6 itu di Ambon diikuti Provinsi di wilayah timur dan tengah yakni Maluku, Maluku Utara, NTT, NTB Papua dan Bali. “Puncaknya adalah untuk Kejurnas pada 15 sampai 18 Desember, itu sudah puncaknya,” ucapnya.

“Dari 6 wilayah ini kita dapatkan atlet-atlet muda potensial untuk membawa harum nama bangsa Indonesia di kancah internasional ini yang kita mau cari. Pemerintah punya mimpi besar 5 besar olympic 2044,” paparnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia Sumsel Hj. Meilinda mengatakan, pihaknya sudah jauh hari mempersiapkan atlet-atlet terutama wasit dulu, setelah itu para atlet. “Insya Allah sudah siap bertanding di Kejurwil dan semoga Sumsel menjadi juara umum,” katanya.

Meilinda menuturkan, jumlah seluruh atlet Kejuaraan Nasional Tekwondo Wilayah 2 ini diikuti 1.210 atlet, sedangkan untuk Sumsel berjumlah 400 atlet. “Target kita Sumsel juara umum dan lolos ke Kejurnas. Karena salah satu persyaratan Kerjunas adalah juara 1, juara 2 dan juara 3,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Charli menambahkan, untuk atlet dari Sumsel berjumlah 400 atlet, dan mereka sudah melakukan latihan dengan terarah. “Untuk pelatih, kita mengunakan pelatih berlisensi nasional dan pelatih yang sudah diuji kelayakannya, ” tandasnya.