Gubernur Sumsel : ABPEDNAS Mitra Kades dan Perangkat Desa dalam Menjalankan Tupoksinya

perangkat desa
google news, lamanqu

Palembang, LamanQu.id Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Badan Pemusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS)Sumatera Selatan masa bakti 2022 – 2027, dilaksanakan di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Senin (19/09/2022).

Turut hadir Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Ketua Umum DPP ABPEDNAS H. Deden Syamsudin SH, Sekjen DPP ABPEDNAS Ir. H. Indra Utama M. PWK dan Ketua BPD ABPEDNAS Sumsel Abdul Rohim beserta Sekjen DPD ABPEDNAS Sumsel Afdhol Sarjeni.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan, pada pelantikan ini dia datang untuk memberikan wejangan, karena organisasi ini untuk menyuarakan kepentingan anggota. ”Tinggal tupoksinya tugas pokok dan fungsinya di desa sebagai penyeimbang di pemerintahan sebagai mitra kepala desa dan perangkat-perangkatnya. Tujuan utamanya adalah untuk kemaslahatan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Tidak Bayar Jaminan Reklamasi, Usaha Tambang Batubara Akan Ditutup

Ketum Asosiasi Badan Pemusyawartan Desa Nasional (ABPEDNAS) Deden Samsudin, S.H mengatakan, pihaknya bersyukur Gubernur Sumsel tau apa yang menjadi keinginan dari rekan-rekan
di DPD di setiap desa sampai ke di kegiatannya.

“Alhamdulilah Bapak Gubernur mendukung program di DPD. Itulah seorang pemimpin yang cinta dengan rakyatnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Deden menerangkan, pihaknya berharapkepada rekan-rekan DPD di seluruh Indonesia seperti apa yang disampaikan oleh gubernur untuk mempunyai ilmu. “Kalau kita solid, maka tidak sulit melaksanakan program. Disini hadir perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota se Sumsel,” katanya.

Baca Juga :  Pada 2020 Gaji Perangkat Desa Disetarakan dengan PNS IIA

Lebih lanjut Deden menjelaskan, fokus kerja Abpednas sesuai undang-undang nomor 6 tahun 2014 yakni BPD adalah penyelenggara pemerintah bersama perangkat desa. Yang bertugas mengawasi menampung aspirasi dan memberikan informasi dan termasuk mengesahkan dana desa. Kita pengawas penyeimbang penggunaan dana desa,” katanya.

“Harapan saya supaya semua anggota DPD harus tahu peraturan di setiap desanya. Kalau DPD penyelenggara pemerintahan bersama-sama kepala desa mengawasi aspirasi termasuk mengesahkan penggunaan dana desa,” tandasnya.

Ketua Asosiasi Badan Pemusyawartan Desa Nasional (ABPEDNAS) Sumsel Ketua DPD ABPEDNAS Sumsel Abdul Rohim mengatakan, dia bangga dapat bertemu Gubernur Sumsel pada hari ini.

“Tentunya kami sebagai anak dan Bapak gubernur itu orang tua kami, kami sebagai anak patuh pada orang tua kami. Permintaan kami dikabulkan Bapak Gubernur. Karena Pak Gubernur berjanji memberikan baju seragam batik untuk BPD se Sumsel,” katanya.

Baca Juga :  Muba Bangun Kawasan Industri Hijau

“Bapak Gubernur siap melalui organisasi ini berkolaborasi bersinergi di semua level tingkatan baik di desa, kecamatan di kabupaten dan provinsi. Dan semua siap bekerja sama dan berkolaborasi memajukan Sumsel maju untuk semua,” tambahnya.

Lebih lanjut Abdul Rohim menuturkan, pihaknya akan terus turun gunung ke desa-desa. Karena harus terjadi harmonisasi hubungan kades dengan BPD sehingga pembangunan berjalan lancar.

“Organisasi di desa ada BPD. Kami hanya mendorong sebagai organisasi. Setelah sudah dilantik, tinggal bekerja mensupport. Kalau perangkat desa di BPD, kami siap berkolaborasi dan bersinergi,” tandasnya.

banner 17 agustus, baner hut ri

baner hut ri ke 77, baner pemkot

hut muba ke 66

Pos terkait