Luar Biasa, SMA Plus Negeri 17 Palembang Masuk 70 Besar Terbaik UTBK Se Indonesia

News, Pendidikan, Sumsel
70 besar UTBK terbaik , Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi , SMA Negeri 17 Palembang , SNMPTN

Palembang, LamanQu.idLembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis daftar Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terbaik se Indonesia. SMA Plus Negeri 17 Palembang masuk 70 besar terbaik UTBK se Indonesia.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Plus Negeri 17 Palembang Dra. Purwiastuti Kusumastiwi, M.M mengatakan, SMA Plus Negeri 17 Palembang masuk dalam 70 besar UTBK se Indonesia. “Untuk mencapai 70 besar UTBK terbaik se Indonesia, sejak tahun lalu kita ihtiar dan berusaha agar hasilnya lebih baik. Itu motivasi siswa sudah sejak tahun lalu. Sehingga yang SNMPTN bisa masuk Universitas favorit Indonesia seperti Universitas Indonesia, UGM, dan ITB,” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis (8/9/2022).

Purwiastuti Kusumastiwi menjelaskan, semakin besar nilai UTBK maka kesempatan untuk masuk ke Perguruan Tinggi favorit itu juga semakin besar. Oleh sebab itu, pihaknya banyak memberikan motivasi kepada anak-anak.

“Selain itu, kita adakan try out, dan try out itu sudah dimulai dari akhir semester 5 hingga semester 6. Jadi kita rutin melaksanakan try out, tidak hanya try out dilaksanakan di sekolah tapi try out yang diadakan dari luar sekolah,” katanya.

“Sehingga anak-anak memiliki semangat untuk mendapatkan Perguruan Tinggi favorit yang diinginkan,” tambah Purwiastuti Kusumastiwi.

Lebih lanjut, Purwiastuti Kusumastiwi menuturkan, SMA Plus Negeri 17 Palembang masuk peringkat 70 besar ini adalah tahun pertama. “Kalau tahun kemarin kita masuk peringkat 248 sekarang kita masuk peringkat 70 besar UTBK nasional. Sehingga jauh ada 178 kenaikan peringkat,” bebernya.

“Yang menjadi motivasi anak-anak adalah, faktornya dari anak-anak dan orang tua. Kita juga melaksanakan pelatihan-pelatihan soal, dan juga kita melaksanakan try out baik dan di dalam sekolah maupun di luar sekolah,” ucap Purwiastuti Kusumastiwi.

Ketika ditanya nilai UTBK SMA Plus Negeri 17 Palembang sekarang ini 583 . Untuk di Sumsel, rangking pertama itu IGS, yang kedua MAN IC dan ketiga SMA Plus Negeri 17 Palembang itu untuk Sumsel. “Sedangkan untuk di Palembang kita peringkat kedua setelah IGS dan kedua SMA Plus Negeri 17 Palembang. Mudah-mudahan dengan masuk 70 besar, maka ini di jalur SNMPTN itu lebih besar,” paparnya.

“Muah-mudahan dengan peringkat 70 besar ini kesempatan untuk masuk ke Perguruan Tinggi di jalur SNMPTN kedepannya akan lebih banyak lagi. PTN yang paling banyak peminatnya adalah ITB dan UGM. Insya Allah untuk kesempatan tahun ini bisa lebih besar lagi,” tandasnya.