Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel Gandeng BRI Pasarkan Produk UMKM dan Petani

News, Sumsel
produk UMKM , sayur hidroponik , transaksi tanpa uang tunai

Palembang, LamanQu.idBazar produk UMKM dan Pasar Tani diselenggarakan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel dan Bank BRI dilksanakan di lapangan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel, Jumat (19/8/2022).

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel Bambang Pramono mengatakan, dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke -77 pada tanggal 17 Agustus lalu, pihaknya melaksanakan Bazar produk UMKM dan Pasar Tani.

“Di hari kemerdekaan ini kita yang pertama mewujudkan rasa terima kasih kita akan bersyukur terhadap para pejuang kita yang telah memerdekakan RI. Sehingga saat ini dan dapat hidup dalam aroma kemerdekaan yang dapat bebas melakukan pembangunan,” ujarnya.

Sebagai wujud rasa syukur, sambung Bambang, dilakukan dengan bersama-sama dengan BRI wilayah Sumsel diwakili Regional Kota Palembang Bapak Suryanto Joko untuk bersama-sama mendorong tumbuh kembangnya kembali UMKM yang ada di kota Palembang.

“Kita mengajak dan menggandeng mereka bersama-sama memasarkan produk yang ada dengan mengundang seluruh pegawai yang ada di Dinas Pertanian Provinsi, dan juga mengundang pegawai di sekitar kantor kita bersama dengan jajaran BRI. Tujuannya agar mereka dapat termotivasi semangat kembali ditengah kondisi terdampak covid-19. Hari ini kita ingin mereka bangkit kembali kita dorong agar UMKM ini dapat bersemangat lagi,” katanya.

“Disini kita mengundang petani UMKM dan wanita tani dari binaan dari dinas Pertanian dan binaan BRI untuk memasarkan produknya pangan. Mulai dari makanan sehat mulai dari kue-kue yang sehat dan juga produk kesehatan herbal ada di sini jamu. Sekaligus kita pasarkan produk sayur dan buah-buahan,” tambah Bambang.

Lebih lanjut Bambang menerangkan, pada kegiatan ini antusiasnya tinggi sekali. “Kita lihat juga teman-teman kantor di sekitar ini hadir. Atas permintaan semua saya sampaikan kepada pak Suryanto Joko agar diadakan kembali. Karena ada banyaknya permintaan insya Allah dicanangkan di bulan Oktober, Insya Allah berkelanjutan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Regional BRI Palembang Saryanto Joko menuturkN, kegiatan ini menjadi kegiatan rutin.

“Ini akan kita laksanakan sampai dengan akhir tahun sampai Desember. Untuk sinergi dengan Dinas Lertanian luar biasa karena kebetulan kerjasama ini di samping kegiatan seperti ini juga ada program pasar tani. Sehingga dengan ada program ini membangun para petani ini dalam rangka memasarkan produknya,” katanya.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat UMKM dan petani yang punya produk produk makanan dan UMKM yang mengolah makanan serta produk di sini ada dimsum, pempek, ada jamu, sayur hidroponik dan di pasar tani cukup lengkap produk buah-buahannya sehingga produk UKM ini diwujudkan untuk memberdayakan mereka,” ucapnya.

Lebih lanjut Saryanto menuturkan, untuk transaksi di sini pihaknya mengedukasi UMKM dan masyarakat sekarang bukan zamannya lagi menggunakan uang. Karen pandemi covid-19, penularan begitu masif. “Sehingga kami mengedukasi mereka untuk menggunakan transaksi tanpa uang tunai transaksi ini sudah banyak ke non tunai,” katanya.

“Kita mengedukasi transaksi ini bisa membiasakan nasabah khususnya dan pengunjung pada SKPD dan jajaran di kantor di sekitar sini mereka mengetahui bertransaksi bukan hanya melihat saja tapi bertransaksi menggunakan QRIS,” tandasnya.