Pemberangkatan Tenaga Kerja Alumni SMK Sumsel Melalui Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) Provinsi Sumsel

Forum Bursa Kerja Khusus
google news, lamanqu

Palembang, LamanQu.idDinas Pendidikan Provinsi Sumsel melalui Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) Provinsi Sumsel memberangkatkan tenaga kerja alumni SMK Sumsel.

Acara dengan tema “Menyongsong Masa Depan Gemilang Menuju Sumsel Maju Untuk Semua” berlangsung di Aula SMK Negeri 3 Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang, Kamis (11/08/2022)

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Mondyaboni SE. S.Kom, MSi berharap para alumni SMK yang mengikuti program tersebut bisa memunculkan yang terbaik dari diri mereka sendiri dan bisa membawa nama baik SMK di Sumsel.

“Hari ini yang berangkat ada sekitar 200 an siswa yang berangkat ke beberapa perusahaan seperti PT Kalimantan Persada, PT Astra Daihatsu dan ini merupakan pemberangkatan tahap ke empat, yang mana sebelum ada juga pemberangkatan ke Jawa Tengah untuk salah satu perusahaan garmen terbesar di Indonesia,” ujar Mondyaboni

Baca Juga :  Wujudkan Sumsel Lumbung Daging Nasional, Herman Deru Berdayakan Alumni SMK SPPN Sembawa

Mondyaboni berharap dengan beberapa kali pemberangkatan alumni SMK yang mengikuti program tersebut bisa membantah opini masyarakat bahwa SMK di Sumsel terbanyak penyumbang pengangguran.

“Kami akan terus mencoba untuk bisa bersinergi agar alumni SMK bisa bekerja dan terserap di dunia industri dan dunia kerja,” katanya.

“Saat ini kita sudah 2000 MOU yang tercatat di Sumsel mulai dari pemagangan, sekarang kita coba tingkatkan MOU itu untuk lebih pada penyerapan dari alumni di dunia industri,”tambahnya.

Di tempat yang sama, Kasi kurikulum SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Awaluddin mengatakan sejak di Lantik kepengurusan forum BKK terus melaksanakan tugas tugas nya di antaranya memulai dengan meningkatkan kapasitas pengurus.

Baca Juga :  Herman Deru Dorong Pemanfaatan dan Pengelolaan SDA Oleh Para Putra Daerah

“Menjalin kerjasama dengan industri baik lokak maupun nasional yang memiliki perwakilan di Sumsel,” katanya.

Untuk perekrutan, dilakukan dengan ketat bahkan ada anak yang berulang kali harus di check up kesehatan, ketika sudah dinyatakan sehat baru bisa di berangkat kan.

“Kerjasama tersebut sudah ada yang membuahkan hasil di antara nya dengan PT Astra Daihatsu Motor dan yang terbaru dengan PT Kalimantan Prima Persada,” katanya.

Ada sekitar 1700 alumni SMK yang mengikuti tahap test untuk pemberangkatan ke perusahaan PT Kalimantan Prima Persada dan yang terjaring ada 187 alumni.

Baca Juga :  69 Orang Positif Covid 19 di Banyuasin

“Mereka kita berangkat kan ke Kalimantan untuk mengikuti magang selama 6 bulan selanjutnya mereka akan bekerja di Prabumulih dan Muara Enim,” katanya.

“Berdasarkan informasi dari KPP untuk penyerapan alumni di Sumsel mencapai 11 % sementara di provinsi lain hanya 2 % ,” ujarnya.

BKK terus bekerja secara maksimal untuk membantu mensukseskan program Gubernur mengurangi angka kemiskinan dari 2 digit menjadi 1 digit.

“Para alumni yang mengikuti program ini memberikan laporan, yang mana nanti bisa menjadi masukan untuk kita dan para alumni, apa yang harus dipersiapkan sebelum berangkat,” ucapnya.

Tambahnya,”Kita tidak memiliki target tapi kita terus bekerja secara maksimal sampai batas kemampuan kita yang terakhir dan terus mencari pola agar para alumni ini bisa terdata,” pungkasnya.

banner 17 agustus, baner hut ri

baner hut ri ke 77, baner pemkot

hut muba ke 66

Pos terkait