Kapal Pengangkut Gandum Akhirnya Berangkat Dari Pelabuhan Odesa

Dunia, News
ekspor gandum , kapal pengangkut biji-bijian , krisis pangan

LamanQu.idSetelah melewati berbagai skema, akhirnya kapal pengangkut biji-bijian pertama yang meninggalkan pelabuhan Odesa dan dengan aman berlabuh di lepas pantai Turki pada hari Selasa lalu akan diperiksa pada hari Rabu (03/08/2022).

“Kesepakatan antara Moskow dan Kyiv untuk membuka blokir ekspor gandum Ukraina mungkin menawarkan jalan ke depan untuk kemungkinan gencatan senjata dalam konflik lima bulan,” Schroeder dinukil dari Stern, Rabu(03/08/2022).

“Kabar baiknya adalah bahwa Kremlin menginginkan solusi yang dinegosiasikan,” sambungnya.

Selain itu Schroeder juga mengatakan, “Keberhasilan pertama adalah kesepakatan biji-bijian, mungkin itu bisa perlahan diperluas menjadi gencatan senjata,”

Sementara dari info Pejabat kantor kepresidenan Ukraina mengungkapkan ada 17 kapal yang akan mengangkut 600 ribu ton kargo dan sebagian besar berisi gandum dan salah satu teknisi kapal sempat menyebutkan kalau awak kapal sangat gembira dapat kembali berlayar dan meninggalkan Odesa.

Selanjutnya Ukraina berharap dapat mengekspor 20 juta ton biji-bijian yang disimpan di silo dan 40 juta ton dari panen yang sekarang sedang berlangsung, awalnya dari Odesa dan Pivdennyi dan Chornomorsk di dekatnya.

Sedangkan Rusia menyebut kepergian Razoni sebagai berita “sangat positif”. Ia membantah bertanggung jawab atas krisis pangan, dengan mengatakan sanksi Barat telah memperlambat ekspornya.