Ayman al-Zawahiri Pemimpin Al Qaeda Tewas di Afghanistan Oleh Pasukan AS

Ayman al-Zawahiri Tewas
google news, lamanqu

LamanQu.idPresiden Joe Biden mengatakan kalau Amerika Serikat berhasil membunuh pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri dalam serangan di Afghanistan pada hari Minggu.

“Sekarang keadilan telah ditegakkan, dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi,” kata Biden, dinukil dari reuters, Selasa(02/08/2022).

Dalam sambutannya dari Gedung Putih. “Tidak peduli berapa lama, di mana pun Anda bersembunyi, jika Anda adalah ancaman bagi rakyat kami, Amerika Serikat akan menemukan Anda dan membawa Anda keluar.”

Sementara pejabat senior berbicara dengan syarat anonim mengatakan, “CIA melakukan serangan pesawat tanpa awak di Kabul, dari hasil pantauwan tersebut, analis intelijen AS mengidentifikasi lokasi al-Zawahiri awal tahun ini. Kami mengawasi pergerakan al-Zawahiri selama berbulan-bulan dan memutuskan bahwa dia tinggal di rumah aman di Kabul bersama keluarganya. Setelah itu kami menerima pengarahan intelijen terakhirnya pada 25 Juli sebelum menyetujui serangan yang melibatkan kendaraan udara tak berawak dan dua rudal Hellfire.”

Baca Juga :  Dengan Terapkan Prokes, DPC PDI P Kota Palembang Vaksinasi 533 Orang

Dibalik tewasnya Zawahiri, Taliban mengkonfirmasi serangan di Kabul serta menyatakan kalau hal itu sebagai pelanggaran prinsip-prinsip internasional.

Kesepakatan itu membuka jalan bagi penarikan pasukan asing pimpinan AS dengan imbalan jaminan dari Taliban untuk tidak mengizinkan kelompok-kelompok seperti al-Qaeda dan Islamic State (IS) beroperasi di tanah Afghanistan.

Setelah berhasil melakukan misi, Pasukan AS mundur tepat sebelum batas waktu 31 Agustus untuk mengakhiri perang terpanjang dalam sejarah negara itu.

Perlu diketahui Ayman Al Zawahiri adalah ahli bedah Mesir yang menjadi salah satu teroris paling dicari di dunia. Dia disebut sebagai dalang serangan 11 September 2001 atau 9/11 di AS yang menewaskan hampir 3.000 orang.

Baca Juga :  KONI Melakukan Audiensi Dengan Walikota Perihal Pekan Olahraga Provinsi

Dia kemudian menjadi buron dan mengambil alih kepemimpinan Al Qaeda setelah Osama bin Laden tewas di Pakistan pada 2011. AS mematok harga 25 juta dollar (Rp 371,3 miliar) untuk kepalanya.

banner pemkot, selamat idul adha, banner hari raya kurban

pecah rekor muri

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait