Pelabuhan Odessa Dihantam Dua Rudal Rusia, Krisis Tidak Dapat Terhindarkan, Perjanjian Batal

pelabuhan laut odessa, rusia mengirim rudal, perjanjian damai
google news, lamanqu

LamanQu.id – Perjanjian damai yang sebelumnya berhasil disepakati kini dengan terpaksa harus dihentikan, lantaran Rusia telah mengirim rudal ke pelabuhan laut odessa selang 12 jam Moskow dan Ukraina melakukan penandatanganan kesepakatan untuk melanjutkan ekspor biji-bijian termasuk gandum.

“Musuh menyerang pelabuhan laut odessa dengan rudal jelajah Kalibr,” ujar Komando Operasi Selatan di aplikasi Telegram yang dinukil dari The Guardian, Sabtu (23/7/2022).

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Segera, Pemkot Palembang Salurkan Sembako Tahap IV untuk Misbar Terdampak Covid 19

Selain itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengutuk keras serangan rudal tersebut karena pelabuhan Odesa merupakan kunci kesepakatan untuk melanjutkan ekspor gandum antara Rusia dan Ukraina yang ditengahi PBB.

“Implementasi penuh (kesepakatan) oleh Federasi Rusia, Ukraina dan Turki sangat penting,” imbuhnya seperti dinyatakan lewat kantor berita AFP, Sabtu (23/7/2022).

Sebelumnya, otoritas Ukraina mengatakan pada Sabtu (23/7/2022) bahwa rudal Rusia telah menghantam pelabuhan Odesa, terminal utama Laut Hitam. Serangan ini terjadi hanya satu hari setelah Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan untuk melanjutkan ekspor gandum dari Laut Hitam.

Baca Juga :  IPPAT Kota Palembang Gelar Seminar Tentang Mafia Tanah

Usai serangan itu, otoritas Ukraina mengecam Kremlin dan mengatakan Moskow bertanggung jawab atas setiap krisis pangan jika kesepakatan untuk mengekspor gandum Ukraina dari Odesa gagal setelah rudal Rusia menghantam pelabuhan Laut Hitam tersebut.

Sementara Di pinggir laut Odesa, pengunjung pantai bertepuk tangan saat pertahanan udara kota menjatuhkan dua dari empat rudal yang dilancarkan Rusia, dengan dua sisanya mengenai pelabuhan.

Serangan di Odesa sendiri merupakan salah satu dari serangkaian serangan Rusia di Ukraina, dengan kota Kropyvnytsky dihantam oleh 13 rudal pada Sabtu pagi.

banner pemkot, selamat idul adha, banner hari raya kurban

pecah rekor muri

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait