Fitri intruksikan periksa kelayakan bangunan sekolah dua lantai

News, Sumsel
Insiden runtuhnya gedung sekolah , uji kelayakan bangunan , Yayasan Ulil Albab

Palembang, LamanQu.idInsiden runtuhnya bangunan gedung sekolah Yayasan Ulil Albab di Jalan Sematang Lorong Lumban Meranti Kelurahan Sako Kecamatan Sako Palembang, mengundang kekhawatiran Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda.

Selasa (5/7/2022), Fitri langsung mendatangi lokasi, dari hasil kunjungan tersebut minta meminta tidak ada lagi insiden yang serupa kembali terjadi.

uji kelayakan bangunan

“Dinas Pendidikan kota Palembang, dinas terkait dengan melibatka tim khusus dari Universitas Unsri untuk melakukan uji kelayakan bangunan yang ada,” tegasnya.

Fitri mengungkapkan ada 200 bangunan SD dan 60 untuk SMP, yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

“Karena struktur bangunan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah  Pertama sekarang (SMP) sudah ada 2 sampai 3 lantai,” katanya.

Meski mendatangi lokasi bangunan yang runtuh tersebut, Fitri belum bisa memberikan secara rinci penyebab bangunan runtuh itu lantaran masih dalam penyelidikan kepolisian.

“Ya tentunya musibah ini terjadi disaat kondisi belajar -mengajar masih libur sekolah, namun kita ketahui bangunan yang roboh tersebut adalah tempat tinggal pribadi milik pengelolah yayasan,” ungkapnya.

“Saya menginstruksikan kepada Dinas terkait agar secepatnya melakukan segera melakukan uji kelayakan bangunan baik itu dari sekolah negeri,swasta dan sekolah dibawah kemenag, mengingat sebentar lagi proses belajar mengajar akan segera dimulai. Kita menginginkan semua berjalan dengan baik dan aman ketika semua mulai memasuki proses belajar mengajar,” tegasnya lagi.

Sementara itu Kuntadi pembina dari Yayasan Ulil Albab menambahkan jika selaku pembina, dirinya  sudah melakukan pelaporan dan koordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan sekarang masih dalam proses penyidikan.

“Kejadian ini menjadi sebuah pembelajaran kami untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Pemerintah untuk  bisa melakukan uji kelayakan sehingga kami bisa yakin sudah sesuai dengan prosedur bangunan,” tegasnya.