Unsri Satu-Satunya PTN di Indonesia Yang Melaksanakan USM Bersama PTS

usmb hari pertama, usmb unsri tahun 2022
google news, lamanqu

Palembang, LamanQu.idPelaksanaan Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Unsri tahun 2022 digelar 4-7 Juli. Dalam pelaksanaan USMB hari pertama, Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H Anis Saggaff, MSCE., IPU., ASEAN.Eng meninjau beberapa ke lokasi ujian.

Anis Saggaff mengatakan, hari ini adalah hari pertama ujian USMB. Setiap hari ada 4 sesi waktu ujian. “Tahun ini adalah tahun keempat USMB menggunakan sistem CAT. Ini memudahkan anak-anak dan menghemat kertas, mengurangi limbah, dan anak-anak generasi Z lebih kenal komputer. Disamping itu waktunya lebih efektif,” ujarnya saat meninjau lokasi ujian di Graha Bukit, Senin (4/7/2022).

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Jelang Ramadan, Pemkot Palembang Pastikan Ketersediaan Beras

Anis menuturkan, komputer yang digunakan untuk pelaksanaan USMB adalah komputer dengan spek tertentu dan konek dengan IT yang sangat bagus. Tempat yang digunakan adalah di Graha Unsri Bukit, Fakultas Kedokteran, FKIP Ogan, laboratorium komputer SMAN 1, laboratorium komputer SMKN 2 laboratorium komputer SMKN 3 dan laboraorium komputer MDP. “Ada 7 tempat yang kita gunakan , dengan jumlah peserta USMB lebih dari 7.800 orang serta melaksanakan 4 sesi dalam sehari dan dalam waktu 4 hari. Harapan kita karena ini tahun keempat sehingga bukan hal baru, kita berharap tahun ini pelaksanaannya dapat yang terbaik,” bebernya.

Anis menerangkan, dulu Unsri melaksanakan USM sendiri dengan daya tampung terbatas 20 persen. Sehingga sisanya 80 persen yang tidak lulus USM Unsri maka datanya terbuang,dan anak-anak tersebut mendaftar lagi ke Perguruan Tinggi swasta. “Padahal materi ujian itu beda tipis. Oleh sebab itu, saya berinisiatif menggabungkan USM Unsri dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sehingga disebut USMB. Tahun ini ada 12 PTS ikut, namun syaratnya harus akreditasi minimal B. Kita berharap setiap tahun terus bertambah PTS yang ikut USMB,” katanya.

Baca Juga :  Ingin Mahir Berbicara Bahasa Inggris dalam Waktu Singkat, Ayo Belajar di Indonesia Brain Academy Lanal Palembang

Selama ini, sambung Anis, tidak ada kendala pelaksanaan tes USMB. Biasanya hanya administrasi anak-anak kadang masih ada yang butuh bimbingan. Itu bisa dilakukan sebelum pelaksanan ujian.

“Saya menghimbau kepada orang tua agar anak-anak masuk Perguruan Tinggi memilih prodi sesuai dengan minat dan kompetensinya. Misal anak yang hobi menggambar ambil prodi arsitek jangan kedokteran. Pilih prodi sesuai minat dan kompetensi anak, dan orang tua memberi dorongan,” paparnya.

“Mudah-mudahan ujian USMB ini berjalan lancar, anak-anak bisa lulus sesuai dengan rizkinya masing-masing. Karena pemerintah tidak membeda-bedakan PTN dan PTS. Dan Unsri adalah satu-satunya PTN di Indonesia yang pelaksanaan USM mengajak PTS. Kita mengajak PTS agar bangkit bersama. Itulah peran PT daerah Unsri yang ingin mengayomi Perguruan Tinggi swasta agar bangkit bersama-sama,” tandasnya.

banner pemkot, selamat idul adha, banner hari raya kurban

pecah rekor muri

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait