Feby Deru Ajak TP PKK Kabupaten/Kota Sinergi Bersama Pemerintah Turunkan Angka Stunting

News, Sumsel
Pameran UP2K PKK , perilaku beresiko remaja , PKK Merupakan Organisasi , program dasawisma

OKI, LamanQu.id Ketua Tim Penggerah (TP)  PKK Sumsel Hj Febrita Lustia  HD melakukan   kunjungan kerja (Kunker)  ke kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tepatnya di desa Sukamaju, Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten OKI, Senin (27/06/2022).

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk pembinaan program kerja PKK dan penilaian lomba 10 program pokok PKK.

Menurut Feby PKK merupakan organisasi yang berbeda dengan organisasi lain, yang ada karena didukung langsung oleh pemerintah, sebagai mitra pemerintah yang diakui dan diback up  secara langsung.

“Kita kembali bangkitkan program prioritas yaitu dasawisma karena semasa pandemi sempat tidak begitu aktif, dan kami ingin mengerakkan kembali dengan tujuan menurunkan angka stunting, karena dasawisma merupakan ujung tombak  pemerintah dilapangan dalam dalam  menurunkan  stunting,” jelasnya.

Lebih lanjut Feby Deru menegaskan, selain program dasawisma yang merupakan ujung tombak pencegahan stunting, tidak kalah penting program-program lain yang sangat perlu di tingkatkan seperti, program Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), UP2K, pemanfaatan lahan pekarangan dan posyandu.

“Ini semua merupakan upaya dari PKK untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan program pemerintah,” imbuhnya.

Karena itu Feby mengajak masyarakat untuk  bersama mengawasi dan bekerjasama dengan pemerintah di tingkat  Kabupaten/kota, tingkat kecamatan dan desa agar bersinergi menciptakan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat di wilayah masing-masing.

Sementara itu Ketua TP PKK OKI, Lindasari  mengapresiasi pembinaan program kerja oleh TP PKK Sumsel. Menurutnya setelah vakum selama hampir 2 tahun, penekanan program kerja pada revitalisasi dasawisma perlu dilakukan.

“Kegiatan rutin mulai dari pokja I hingga pokja IV terlaksana dengan baik, meskipun selama pandemi pelaksanaannya secara online. Pembinaan dan penyuluhan pun kita lakukan melalui zoom meeting sesuai dengan bidang kerja masing-masing,” ucapnya.

Selaras dengan Ketua TP PKK Sumsel, Lindasari berkomitmen untuk meningkatkan peran strategis PKK dalam mengimplementasikan program pemerintah bagi masyarakat.

Pada kesempatan itu pula, Feby menyerahkan bantuan kepada Ketua TP PKK kabupaten OKI Lindasari, berupa bantuan buku hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 untuk PKK kecamatan dan PKK desa.

Bantuan penyuluhan oleh Duta Genre dari BKKBN tentang pencegahan perilaku beresiko remaja, dan kesehatan reproduksi remaja, bantuan buku bacaan untuk menambah koleksi taman bacaan, bantuan bibit tanaman jeruk lemon yang merupakan kerjasama dengan Dinas Perkebunan Sumsel, bantuan tablet FE untuk remaja putri dari Dinkes Sumsel, serta pemeriksaan golongan darah kerjasama dengan PMI Sumsel.

Usai pembinaan Feby meneruskan kegiatan dengan meninjau stand pameran UP2K PKK kecamatan Lempuing Jaya, dan taman toga hatinya PKK.

Turut hadir dalam kunjungan kerja itu, Wakil Ketua TP PKK kabupaten OKI, sejumlah perangkat daerah pemkab OKI, para pengurus TP PKK Sumsel, para pengurus TP PKK Kabupaten OKI, dan perangkat desa Sukamaju.