Sekda Kota Palembang Melantik Pejabat Eselon di Lingkungan Pemkot Palembang

News, Sumsel
Pejabar Eselon , pejabat resmi dilantik , Pelayanan Kepada Masyarakat

Palembang, LamanQu.idSekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang lantik langsung 504 Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah kota Palembang.

Meskipun jumlah pejabat yang dilantik terhitung cukup banyak, namun masih akan ada juga pelantikan lanjutan yang akan dilakukan pada beberapa pekan kedepan.

pelayanan kepada masyarakat

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekda kota Palembang, Ratu Dewa usai kegiatan pelantikan di Rumah Dinas Walikota Palembang, Rabu 25 Mei 2022.

“Masih tersisa hasil Pansel kita, yaitu menyusul kemudian Pejabar Eselon II yang harus di roling. Yang diroling kemungkinan lebih kurang 11 atau 12 orang. Kalau yang ini totalnya 504,” kata Ratu Dewa.

Disampaikan Ratu Dewa, terkait pelantikan susulan yang akan dilakukan nantinya, dirinya masih menunggu beberapa administrasi yang diperlukan.

“Besar kemungkinan di minggu depan akan ada lagi pelantikan, khususnya Pejabat Eselon II, yang beberapanya akan diroling,” ujarnya

Terkait Pejabat Eselon II yang akan diroling tersebut, Ratu Dewa menyampaikan, bahwa pihaknya sebelumnya telah mendapatkan rekomendasi dari KSN. “Tinggal yang kedua penilaian bapak Walikota terkait dengan kinerja,” ucapnya.

“Mungkin ada juga yang sudah beberapa tahun dan diadakan roling di OPD A ke OPD yang lainnya. Sifatnya roling dan pengisian yang kosong kecuali,” tambahnya.

Namun, ASN tertinggi di kota Palembang tersebut juga menuturkan, akan terdapat satu yang terkecuali, yakni Disnaker yang akan dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). “Nanti kita akan melakukan Open Biding, yaitu kita Pansel kembali,” tuturnya.

Dijelaskan Ratu Dewa, dari pelantikan yang dilakukan pada hari ini, terdapat beberapa camat yang baru serta jabatan baru yang telah diterima, seperti Camat Gandus yang saat ini dijabat langsung oleh Jufri, Camat Jakabaring serta Sematang Borang. “Dan untuk posisi Asisten I diisi oleh Yanuar Pani,” jelasnya.

Ratu Dewa juga menekankan kepada para Camat dan Lurah yang telah resmi dilantik pada hari ini untuk dapat lebih cepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Camat ataupun Lurah saya harapkan untuk turun langsung ke lapangan untuk meninjau lingkungannya langsung. Jadi, sebelum ke kantor ceklah dulu lingkungannya,” tegasnya.

Kemudian, lanjut Dewa, para pejabat yang resmi dilantik tersebut juga diharapkan untuk mampu membangun soliditas ataupun kekompakan di unit kerja masing-masing. “Itulah harapan saya terhadap orang-orang yang baru dilantik,” ucapnya.

Terkait dengan pemahaman dan penafsiran dari sebuah regulasi, Ratu Dewa juga meminta kepada seluruh ASN untuk tidak berada di wilayah remang-remang.

“Beradalah di wilayah yang terang benderang. Kalau memang masih ragu, maka dia boleh konsultasikan, baik dengan Inspektur, dengan BPKP atau dengan BPK. Sehingga bisa lebih jelas dimana yang diperbolehkan ataupun tidak,” tungkasnya.