Gubernur Sumsel Herman Deru Minta BBPJN Wilayah Sumsel Perbaiki Jalan Lintas Tengah dan Jalinsum

News, Sumsel
Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional , jalur lintas tengah

Palembang, LamanQu.idTerkait infrastruktur jalan di wilayah provinsi Sumsel terutama di jalur lintas tengah dan jalinsum yang rusak parah. Gubernur Sumsel H. Herman Deru angkat bicara.

Herman Deru mengatakan, bahwa jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional III (BBPJN) Wilayah Sumsel.

“Kita di daerah berharap dengan memohon kepada Pemerintah Pusat untuk segera mengatasi dan memperbaikinya. Kita didaerah ini baik Gubernur, Bupati/ Walikota memohon kepada Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) yang merupakan perwakilan dari Kementerian PU untuk segera memperbaiki dan mengatasinya. Apakah dengan melakukan metode pemeliharaan atau peningkatan jalan tersebut,” ujarnya, Sabtu (30/4/2022).

Lanjutnya, orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini mengatakan, jalan ini merupakan urat nadi perekonomian dari Musi Raya menuju ke Ibukota Provinsi. Oleh sebab itu, pihaknya mendorong kepada Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional III (BBPJN) Wilayah Sumsel dan Jajaran untuk segera memperbaiki dan mengatasinya kita malu dengan Provinsi Tetangga yang Jalan Nasional/ Negaranya pada saat Lebaran ini dalam kondisi mulus sehingga para pemudik dengan nyaman melintasi jalan tersebut.

“Maka untuk itu, saya tidak hanya sekedar mendorong tetapi menekankan kepada Kepala BBPJN untuk segera mengatasinya. Jika ada masalah pendanaan dan pelelangan dan lainnya saya harap Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumsel dapat menjelaskan persoalan tersebut kepada masyarakat jangan didiamkan saja karena ini satu-satunya jalan bagi warga Muba yakni dari Betung menuju ke Musi Rawas memang kondisinya sangat memprihatinkan,” bebernya.

“Tolonglah kepada Kepala BBPJN untuk ambil tindakan untuk mempercepat perbaikan jalan tersebut,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Komisi IV DPRD Sumsel terus mendorong perbaikan infrastruktur jalan di wilayah Provinsi Sumsel terutama di jalur lintas tengah dan Jalinsum.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, H. Hasbi Hasadiki,

Menurut Hasbi, Komisi IV DPRD Sumsel terus mendorong perbaikan infrastruktur jalan di wilayah Provinsi Sumsel terutama di daerah rawan seperti Jaliteng dan Jalinsum Sumsel.

Terutama pada daerah Jalan Betung menuju Kabupaten Musi Banyuasin mulai dari Kecamatan Lais, Lumpatan menuju Sekayu sampai Kabupaten Musi Rawas karena
Daerah tersebut terkenal rawan baik tindak kejahatan maupun rawan kecelakaan diharapkan kepada Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumsel, dapat menindaklanjuti serta memperhatikan daerah tersebut sehingga aktivitas mobilitas kendaraan dapat berjalan lancar tanpa hambatan sedikitpun,” terang dia.

Terlebih lagi, sambung dia, daerah tersebut merupakan jalur alternatif bagi para pemudik yang menggunakan akses jalan menuju Kabupaten Musi Rawas dan Provinsi Bengkulu.

Diterangkannya, dirinya pun sering melintas di jalan tersebut, bukan hanya ia saja melainkan banyak juga sopir travel dengan tujuan Musi Rawas dan Bengkulu menggunakan Jalan tersebut.

“Kami harap kepada Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumsel, dapat memperhatikan dan segera memperbaiki Infrastruktur yang ada di daerah tersebut sehingga kinerja Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumsel dapat maksimal dan optimal.

Kami dari Komisi IV DPRD Sumsel terus berupaya menyuarakan hal tersebut sampai nantinya kepada Kementerian PUPR di Jakarta,” terang Politisi Golkar ini.

“Semenjak berita ini diturunkan belum ada penjelasan dan kepastian dari Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumsel maupun Satuan Kerja ( satker ) yang membidangi daerah tersebut kapan segera direalisasikan perbaikan jalan tersebut,” tandasnya.