Tim Kemenkumham Sumsel Datangi Tiga Lapas, Ada Apa?

News, Sumsel
layanan kepada wbp , Monitoring di Lapas Narkotika , Pembagian Makanan ke WBP

Palembang, LamanQu.idKepala Divisi Administrasi Kemenkumham Sumsel Idris mengatatakan, pihaknya telah melakukan Monitoring di Lapas Narkotika Banyuasin, Lapas Banyuasin , dan Lapas Sekayu terkait layanan kepada Warga binaan pemasyarakatan (WBP) selama puasa.

Anggota tim Kanwil tersebut yaitu Herman Sawiran, Kabag Umum Kanwil dan Pudjiono Gunawan Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, Teknologi Informasi Kanwil Sumsel.

“Tim yang diketuai Idris telah lakukan pemantauan terkait layanan makan dan minum WBP, yang meliputi kebersihan didapur, saat penyajian, cita rasa, dan sanitasi lingkungan,” ujarnya, Sabtu (23/4/2022).

Kemudian, lanjut dia, juga terkait dengan pembinaan kepribadian bagi WBP selama bulan puasa, serta penerapan SOP pengamanan lapas.agar tidak ada WBP yang melarikan diri, mengedarkan narkoba serta gangguan kamtib lainnya.

Kepala Lapas Narkotika Banyuasin Royhan Al Faisal mengatakan, untuk memenuhi layanan makan dan minum warga binaan khususnya bagi warga binaan beragama islam, pihaknya telah membentuk tim petugas piket untuk mengawal WBP yang memasak hingga pembagian makanan ke WBP. Kemudian ditambahkan juga petugas staf untuk memastikan menu makanan untuk sahur dan buka puasa sesuai aturan yang berlaku.

Sementara, terkait srategi keamanan dan ketertiban pada Lapas Banyuasin, Kepala Lapas Ronaldo Davinci menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan deteksi dini melalui trolling, Razia rutin, serta menjalin sinergi dengan TNI-Polri.

Sedangkan terkait program pembinaan selama bulan puasa di Lapas Sekayu, Kalapas Ronald Heru menuturkan, Lapas Sekayu menggelar program shalat tarawih, tadarus, serta pesantren kilat Ramadhan.

Ketiganya mengaku selama bulan Ramadhan ini beban kerja para petugas jadi “bertambah” karena harus mengawal WBP memasak untuk makan sahur, membuka kamar hunian membagikan makan sahur, mengawal WBP tarawih, melalukan pembinaan kepribadian seperti pesantren ramadhan.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya juga senantiasa memotivasi para petugas, serta memenuhi vitamin bagi petugas agar fisik dan stamina mereka tetap terjaga dengan baik.

Menurut Idris, sesuai instruksi kakanwil kemenkumham Sumsel Harun Sulianto, bahwa telah dibentuk tim dari kanwil untuk melakukan monitoring kepada UPT pemasyarakatan dan imigrasi selama bulan puasa terutama saat hari libur .