Bolu Kojo Miniatur Jembatan Ampera Karya BKOW Sumsel Buat Bangga Herman Deru

News, Sumsel
kreativitas kalangan perempuan , makanan khas dari sumsel , pembuatan bolu kojo

Palembang, LamanQu.idMemeriahkan peringatan hari Kartini tahun 2022, TP PKK Sumsel bekerjasama harian Sriwijaya Post dan Tribun Sumsel menggelar kegiatan pembuatan bolu kojo terbanyak memecahkan  Rekor Muri Bolu Kojo Berbentuk Miniatur Jembatan Ampera yang digelar di halaman Griya Agung Palembang, Selasa (19/4/22).

Gubernur  Herman Deru memberikan apresiasi pada pihak penyelenggara terutama TP PKK Sumsel dan Harian Sripo dan Tribun Sumsel yang memiliki ide kreatif untuk membangkitkan kreativitas kalangan perempuan di Sumsel.

“Kegiatan yang dilakukan TP PKK ini sangat inovatif bisa membuat karya sekaligus mempertahankan ciri khas makanan Sumsel, dan berhasil tercatat di Rekor Muri.  saya sangat senang dengan  kegiatan semacam ini,” Kata Herman Deru mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Herman Deru mengajak para perempuan dan generasi muda Sumsel untuk terus  melestarikan makanan khas yang berasal dari Sumsel.

“Bolu kojo ini sangat familiar di Sumsel mungkin ada juga di daerah lainnya dengan nama yang berbeda dan cita rasa yang berbeda juga. Tugas para anak mudalah melestarikannya salah satunya melalui kegiatan seperti ini, ” tambahnya.

Dia berharap kegiatan serupa agar terus digalakkan terutama yang bermuatan kearifan lokal baik itu seni, budaya, maupun kuliner khas Sumsel agar tidak punah.

“Ini juga ajang  mengingatkan kembali masyarakat bahwa ada kuliner yang paling digemari di Sumsel selain pempek. Saya ingatkan para wanita,  ibu-ibu untuk terus melakukan kegiatan yang positif meskipun harus bersaing dengan laki-laki,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Sumsel, Hj Febrita Lustia HD yang dalam laporannya  menyebut kegiatan tersebut digelar  selain memeriahkan hari Kartini juga  bertujuan  membantu para pelaku usaha UMKM terlebih bolu kojo yang dijual dipasaran sebagian merupakan produm dari kalangan pelaku usaha.

“Kegiatan ini juga kami lakukan sebagai rangka membantu para pelaku usaha karena bolu ini sangat digemari  masyarakat sebagai kudapan saat berbuka puasa,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, melalui kegiatan ini juga dalam rangka memperkenalkan sebagian dari   makanan  khas Sumsel.

“Kegiatan ini juga sebagai cara para perempuan-perempuan Sumsel untuk memperkenlakan makanan khas Sumsel,” pungkasnya.

Dalam pembuatan bolu kojo terbanyak memecahkan  Rekor Muri Bolu Kojo Berbentuk Miniatur Jembatan Ampera kali para peserta  para anggota Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumsel berhasil  memecahkan Rekor Muri seteleh berhasil membuat  321 loyanga  bolu kojo.

Selanjutnya bolu kojo tersebut ditata sedemikian rupa nenjadi miniatur Jembatan Ampera dengan ukuran,  panjang 4 meter,  lebar 1 meter, dan tinggi 1,8 meter.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua TP PKK Sumsel, Hj. Fauziah Mawardi Yahya, dan para pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel.