Selain Bedah Rumah Herman Deru Beri Santunan Warga Hingga Berobat Gratis

News, Sumsel
lokasi rencana bedah rumah , Program Bedah Rumah , Rumah layak huni

Palembang, LamanQu.idGubernur Sumatera Selatan H Herman Deru kembali akan melanjutkan program bedah rumah bagi warga kurang mampu yang ada disekitar Kota Palembang. Salahsatunya rumah warga yang bermukim di Gang Lama Kelurahan Bagus Kuning Kecamatan Plaju Palembang.

Untuk memastikan kondisi rumah warga yang akan dibedah tersebut, Gubernur Herman Deru langsung melakukan tinjauan langsung ke lokasi rencana bedah rumah tersebut pada Senin (18/4/22).

Dari hasil tinjauannya tersebut Herman Deru  menyebut ada  sebanyak  45 unit rumah yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat administrasi untuk dibedah sehingga menjadi rumah yang layak huni.

“Dari hasil kajian ada  45  unit rumah warga  yang memenuhi syarat untuk dibedah  menjadi rumah layak huni lengkap dengan   sanitasinya,” kata Herman Deru.

Herman  Deru merinci biaya yang akan dialokasi untuk membedah  ke 45 rumah terasebut berkiasar Rp 40 juta per unitnya.  Dia mengakui masih banyak rumah tak layak huni yang membutuhkan bantuan pemerintah untuk dibedah. Hanya saja terkendala  adminstrasi yang tidak lengkap diantaranya kepemilikan tanah yang belum jelas.

“Saya minta kepada warga kalau ingin masuk program  bedah rumah ini, agar diajukan dengan menyertakan  administrasi lengkap termasuk surat menyurat kepemilikan yang sah sehingga dapat diproses lebih lanjut,” sambungnya.

Gubernur menyebut    rumah warga yang dibedah akan menjadi rumah sehat  kerena lengkap dengan sanitasinya. Sehingga akan memberikan efek baik bagi anak-anak untuk lebih enak dalam belajar dirumah dan lingkungan yang nyaman.

“Bukan hannya tempat tinggal saja yang harus memenuhi standar layak. Namun juga asupan makan bagi anak-anak juga harus diberikan agar tidak mengalami stunting,”  tambahnya.

Diksempatan yang sama Gubernur Hermam Deru juga memberikaan santunan    untuk pengobatan  salah satu warga pengidap mata katarak.

“Momen bulan puasa ini merupakan saat yang tepat bagi kita untuk berbagi. Karena itu  warga disini juga bukan kita jadikan sasaran untuk  program bedah rumah namun juga kita berikan bantuan. Semoga dapat meringankan beban mereka,” tandasnya.

Sejumlah warga Plaju yang rumahnya akan dibedah ini mengucapkan syukur dan berterima kasih pada Gubernur Herman Deru. Seperti halnya yang disampaikanb Hawidah (56) warga setempat menyampaikan ucapan terimaksiahnya pada Gubernur Herman Deru yang telah menjadikan wilayah setempat sebagai lokasi bedah rumah dan kegiatan bakti sosial.

“Terima kasih pak Gubernur atas program bedah rumah ini, semoga pak Gubernur dan keluarga  sehat, panjang umur, murah rezeki,”  kata ibu dua anak  ini.

Turut dalam rombongan Gubernur ketika meninjau kawasan tersebut,  Plh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, H Dharma Budi. Kepala Dinas PU Perkim Sumsel, Basyaruddin Akhmad.  Kepala Dinas Kominfo Sumsel H. Achmad Rizwan. S.STP. MM.  Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti SE MM  dan sejumlah pejabat penting lainnya.