Hewan Peliharaan Wajib Divaksin

Hewan Peliharaan Wajib Divaksin, mencegah penularan rabies

Palembang, LamanQu.idKetua Persatuan Dokter Hewan (PDHI) Sumsel, Drh Jafrizal menghimbau masyarakat Sumsel yang memiliki hewan peliharaan wajib melakukan vaksinasi rabies. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penularan rabies.

“Pemilik hewan wajib memelihara hewannya dengan baik dan melepas hewan peliharaan yang bersifat Hewan Penular Rabies (HPR) seperti anjing,” kata Jafrizal saat diwawancarai di Rumah Dinas Walikota, Rabu(30/03/22)

“Kalau ini dilakukan maka tidak akan membuat hewan yang rabies seperti anjing jadi kelaparan atau bahkan menggigit yang dapat menularkan rabies,” tambahnya.

Lebih lanjut, Jafrizal menuturkan, jika ada masyarakat yang melanggar Perda Perwali seperti tidak vaksinasi rabies hewan peliharaan atau melepas HPR akan dikenakan sanksi berupa, penyitaan hewan, denda, dan diberi sosialisasi.

Baca Juga :  Mahasiswa UTP Raih Juara Dua Asia Pacific Youth SDGs 2021

“Ini memelihara hewan yang HPR tentang tanggung jawabnya beda seperti pelihara hewan hias. Jika hewan atau anjing menggigit orang lain maka tanggung jawab pemiliknya,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, target tahun 2030 Sumsel bebas rabies untuk mencapainya harus memenuhi persyaratan nya yakni 70 % populasi anjing sudah tervaksinasi. Selain itu hewan liarnya terkendali, untuk pengendalian nya harus ada team, kemudian harus ada Perda yang mengatur tentang bebas rabies.

“Di kota Palembang sudah ada perda dan perwali nya. Tinggal di eksekusi saja, karena target kota Palembang lebih cepat yakni tahun 2024 bebas rabies,” pungkasnya.

banner pemkot palembang, selamat ramadhan

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait