Herman Deru : Butuh Kolaborasi Semua Pihak Untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata

Launching Calender of Charming even 2022

Palembang, LamanQu.idLaunching Calender of Charming even 2022 dilaksanakan di Hotel The Zuri, Kamis (10/3/2022). Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Deputi bidang produk wisata dan penyelenggara even Kemenparekraf RI Rizki Handayani.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, parameter sukses penyelenggaraan tidak hanya diukur dari banyak pengunjung , tapi lebih benar kalau bisa meningkatkan ekonomi. Disaat pandemi sektor pariwisata mati suri hampir 1,5 tahun.

“Pemkot bisa berhasil membuat even itu sangat luar biasa. Kita tidak hanya bersandar pada keindahan alam, tapi kreativitas. Kita tidak bisa pasrah dengan keadaan. Alhamdulilah covid-19 melandai, dengan dijadwalkan adanya 44 even ditahun ini diharapkan kondisi perekonomian kita berangsung membaik,” ujarnya.

“Disaat ada acara kita mengundang tamu, tapi disektor pariwisata yang harus mengutamakan kreativitas. Kita tidak bisa itu itu bae. Sekarang bertransformasi dengan digital,” bebernya.

Baca Juga :  Satu Truk Bermuatan Sembako Diberangkatkan ke Pasaman Barat

Saat ini, lanjut Herman Deru, kalau dilihat parameter dari okupansi hotel di Sumsel sudah mulai membaik. Tingkat hunian sudah mulai stabil diatas 60 persen. “Perlu ditingkatkan lagi kreativitas destinasi wisata. Selain itu, kuliner juga bisa mengundang wisatawan, sehingga : dengan semua pihak penting. Kuliner ini andalan Palembang dan keanekaragaman seninya luar biasa,” bebernya.

Sementara itu, Deputi bidang produk wisata dan penyelenggara even Kemenparekraf RI Rizki Handayani menerangkan, even itu sebagai pematik sektor patiwisata dan kreatif. Itu menggerakan perekonomian, bisa dilihat acara hari ini berapa banyak lapangan kerja tercipta. Karena calender of charming even 2022 ini menginformasikan ke masyarakat Palembang, Sumsel bahkan nasional.

Baca Juga :  Saya Ingin Tim Medis RSUD Sekayu Upgrade Pengetahuan dan Skill

“Potensi Palembang ini cukup besar dibidang pariswisata. Kerena Palembang banyak unsur wisata sejarah, itu dikarenkan usia yang sudah ribuan tahun dan dikenal kota tertua di Indonesia. Sehingga butuh stori telling, dengan adanya banyak potensi ini bagaimana kita berinovasi. Apalagi sekarang yang banyak berwisata itu adalah anak anak muda. Sehingga marketnya tercapai, apalagi Palembang sudah sangat terkenal dengan kulinernya,” bebernya.

“Inovasi, adaptasi dan kolaborasi itu semua penting. Ini bukan hanya tugas Pemda, Dinas Pariwisata tapi kita semua,” tambah Rizki.

Sekda Kota Palembang Ratu Dewa menambahkan, ini adalah sebuah komitmen Pemerintah Pusat dan Pemprov . “Kita siap termasuk menghadapi era digital. Kita akan menggerakan semua pelaku usaha termasuk UMKM,” ucapnya.

Baca Juga :  Ratu Dewa Tampil Santai, Saat Vaksin Tahap Ke Dua

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin menuturkan, launching calender even ini dilaksanakan karena Palembang kurang dalam wisata alam. Sehingga kita harus menciptakan even yang sifatnya dapat mendatangkan wisatawan ke Palembang.

“Target kita di tahun 2023 terdapat 2,1 juta wisatawan, dan ditahun 2022 kita cicil dengan target 1,5 juta wisatawan. Jadi ditahun 2022 kita lauching ada 44 even, dan tidak menutup kemungkinan ada even lainnya,” bebernya.

Sulaiman menjelaskan, sektor pariwisata ini berkontribusi 40-50 persen untuk pendapatan asli daerah yakni dari sektor pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir.

“Kita memacu agar orang datang ke Palembang untuk berwisata sehingga bisa meningkatkan PAD,” tandasnya.

banner pemkot palembang, selamat ramadhan

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait