Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik Resmi Dilakukan

Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik

Palembang, LamanQu.idSetelah melalui proses yang cukup panjang, Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Kota Palembang bersama pihak ketiga akhirnya resmi dilakukan dengan disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Diketahui, selain kota Palembang, penandatanganan PKS PSEL yang dilakukan langsung di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jalan M.H. Thamrin Nomor 8, Jakarta Pusat tersebut juga dilakukan serentak oleh kota Tanggerang.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali, penandatanganan yang dilakukan hari ini dapat disaksikan langsung oleh bapak Menteri Menko Kemaritiman terkait dengan kerjasama proyek PTSL di kota Palembang,” kata Walikota Palembang, H. Harnojoyo usai melakukan penandatanganan PKS PSEL, Rabu (9/3/22).

Diungkapkan Harnojoyo, bahwa dirinya juga sangat berterima kasih kepada pihak Kementerian atas setiap dukungan serta fasilitas yang telah diberikan dalam rangka menyelesaikan perjanjian kerjasama.

Baca Juga :  Lanal Palembang Selidiki Tenggelamnya Kapal MS Anugrah

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Kementerian untuk dukungan serta fasilitas yang telah diberikan, sehingga hari ini kita dapat menandatangani dengan pihak ketiga,” ungkapnya.

Walikota Palembang dua periode itu juga menyampaikan, dengan telah dilakukannya penandatanganan PKS PSEL, permasalahan sampah yang kerap diresahkan selama ini diharapkan dapat segera terselesaikan.

“Mdah-mudahan dengan adanya teknologi dalam penyelesaian sampah, kota Palembang tentunya akan dapat lebih bersih, sesuai dengan harapan kita,” harapnya.

“Kami yakin, mudah-mudahan dengan teknologi ini dapat menjadi salah satu jawaban bagi kita,” ucap Harnojoyo.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin yang juga hadir dalam penandatanganan PKS PSEL juga menyampaikan, dengan telah dilakukannya PKS PSEL, keresahan akan permasalahan sampah di kota Palembang diharapkan dapat segera teratasi.

Baca Juga :  Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Apel dan Halalbihalal Keluarga Besar Kemenkumham

“Dengan teratasinya permasalahan sampah, kesejahteraan masyarakat juga bisa terpenuhi,” ujarnya.

Dijelaskannya, pihaknya juga rencana akan melakukan studi banding ke Bali dan Cilacap guna meninjau langsung PSEL yang telah dilakukan.

“Tadi juga sudah disampaikan oleh bapak Menteri, bahwa apa yang dilakukan ini telah dilakukan ini sudah jalan di Bali dan Cilacap. InsyaAllah juga nanti kami akan melakukan studi banding ke daerah tersebut,” tuturnya.

Masih dikatakan Zainal, bahwa pihaknya akan menjadikan bahan pertimbangan terhadap setiap daerah yang dinilai dapat menjadi percontohan baik untuk kota Palembang.

“Yang penting kami Pemerintah daerah sementara ini harus komitmen Pemerintah Pusat membantu subsidi atau yang biasa disebut BLPS sehingga beban APBD itu tidak berat,” tungkasnya.

Baca Juga :  Herman Deru Bersama Ketua MA RI, Isi Kuliah Umum di UIN Raden Fatah

Diketahui, selain dihadiri oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo dan Ketua DPRD kota Palembang, Zainal Abidin, hadir juga dalam kegiatan Penandatanganan PKS PSEL kota Palembang, yakni Sekda kota Palembang, Ratu Dewa, Kepala Dinas Kominfo kota Palembang, H. Edison, beberapa Pimpinan Fraksi Partai Nasdem, Partai Golkar dan perwakilan dari Fraksi Partai PKB dan Partai Gerindra DPRD kota Palembang serta Pimpinan Komisi I DPRD kota Palembang.

Tidak hanya itu saja, Penandatanganan PKS PSEL tersebut juga dihadiri langsung oleh Tim Koordinasi Kerjasama Daerah Pemerintah kota Palembang, Komisaris PT Oligo Infra Swarna Nusantara, bapak Bambang Brodjonegoro, Direktur Utama PT Oligo Infra Swarna Nusantara, ibu Cynthia, serta Direktur Utama PT Indo Green Power, ibu Shafira.

banner pemkot palembang, selamat ramadhan

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait