Dinas Kearsipan Sumsel Arsipkan Dokumen Secara Digital

News, Sumsel
foto dari belanda , Kunjungan kerja DPRD , mengembangkan arsip

Palembang, LamanQu.id – Kunjungan kerja DPRD Kota Padang Panjang ke Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel, Rabu (23/2/2022).

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Padang Panjang, Riza Aditya Nugraha mengatakan, kedatangan Komisi II DPRD Kota Padang Panjang ke Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel pertama dalam rangka silaturahmi. Karena disini satu satunya Dinas Arsip yang berdiri sendiri.

“Disini arsip foto foto juga sudah disimpan secara digital, dari foto foto sejarah sebelumnya sampai yang akan datang sudah dirancang secara digital. Saya apresiasi disini laden (memuat) foto dari arsip Belanda ada sekitar 3.000 foto dari Belanda diarsipkan secara digital, ” katanya.

“Kami segera belajar bagaimana cara laden disini. Ini sangat berharga bagi kami,” tambah Riza.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kalau di Padang Panjang itu masih gabung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Disini luar biasa ada 3000 foto dari Belanda disimpan secara digital. Di Padang Panjang juga ada sejarah dari Belanda. Oleh sebab itu, kita minta softcopi, bagaimana arsip disini sudah lebih baik. Disini sudah menghargai sejarah ” bebernya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Arsip Mansur Husin menuturkan, kedatangan Komisi II DPRD Kota Padang Panjang untuk belajar bagaimana mengembangkan arsip. “Karena Dinas Kearsipan Sumsel peringkat 7 nasional dan peringkat 2 di Sumatera setelah Riau. Kita satu satunya yang tidak gabung antara Perpustakaan dan Kearsipan, ” bebernya.

“Harapan kita kedepan, Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel bisa menjadi triger. Karena yang belajar ke kita ada juga dari Lampung. Dengan adanya kunjungan dari daerah lain, itu menjadi motivasi kita untuk lebih baik lagi dari sisi SDM dan infrastkruktur, ” tandasnya.