Bangkitkan Dari Mati Suri, Pengelolaan Pasar Ikan Modern Akan Diserahkan Pihak Ketiga

pengelolaan pasar ikan modern

Palembang, LamanQu.idBersih dan sejuk tidak membuat Pasar Ikan Modern(PIM), di Jalan Mangku Negara Kecamatan Ilir Timur (IT) 3 di kota Palembang menjadi primadona baru warga  kota empek-empek ini untuk berburu ikan segar.

Sejak diresmikan Juli 2020 lalu, oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo PIM hingga saat ini tidak menunjukan geliatnya.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, untuk mengembalikan geliat ekonomi PIM, rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan mengandeng pihak ketiga.

Baca Juga :  Kementan Gencarkan Ekspor Tiga Komoditas Unggulan

“Kita sudah meminta  Dinas Perikanan, BPKAD serta bagian hukum dan Inspektorat untuk memperdalami kerjasama bersama terkait pengelolaan Pasar Ikan Modern ini,” kata Ratu Dewa, Rabu (2/2/2022) usai memimpin rapat prmbahasan Pasar Ikan Modern tersebut.

PIM, yang dibangun diatas lahan seluas 9.319 meter pesegi dengan lebar 6.348 meter persegi dua lantai ini, terlihat lenggang dari aktifitas transaksi jual beli yang digadang sebagai PIM pertama di Indonesia.

“Saya minta kepada Direktur PT Patralog agar bisa mengambil ketegasan secara tertulis sanggup atau tidaknya ada bentuk laporannya. Sangat disayangkan tempat yang bagus dan strategis ini tidak dikelolah dengan baik,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang Ahmad Zazuli mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan dalam pengelolaannya, sejauh ini hanya sebatas perawatan saja.

Baca Juga :  Mobil Dinas Plt Sekda Muara Enim Terbakar Usai Dihantam CBR

“Kapasitas Dinas Perikanan sifatnya hanya melakukan perawatan saja, karena secara legal pasar tersebut masih dikelolah oleh PT Partalog,” katanya.

Mengandeng pihak ketiga, yang kini dibahas secera terperinci melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait ini, bertujuan untuk mencari solusi terbaik dalam pengelolaan PIM itu nantinya.

“Tentunya dalam perencanaa tersebut harus sesuai dengan prosedur yang benar harus melalui proses lelang tidak serta merta asal tunjuk saja, inikan bukan kebijakan dinas dalam pengkajiannya, ada tim akademisi yang turun. Untuk sementara kita masih menunggu proses selanjutnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Sumsel Sesalkan Ketidakhadiran Rektor Unsri Terkait Kasus Pelecehan Seksual Oknum Dosen Unsri

Terletak di pusat kota yang mudah dijangkau ini, kata Zazuli PIM memiliki banyak keunggulan dari pasar lainnya.

“Sudah sangat baik sekali ditengah kota. Mengenai mengapa pasar tersebut tingkat pengunjungnya naik dan turun, kemungkinan dari sistem pengelolaannya,” katanya.

banner pemkot palembang, selamat ramadhan

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait