SMA Negeri 6 Palembang Gelar Orientasi Pramuka

  • Whatsapp
pramuka merupakan ekstrakuliler wajib

Palembang, LamanQu.idSMA Negeri 6 Palembang mengelar kegiatan pembukaan orientasi pramuka sistem blok. Orientasi pramuka dibuka Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM. Senin (10/2/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah salah satu bukti cerdas dari kepala sekolah SMA Negeri 6 Palembang, dan dirinya memberi apresiasi karena membuka peluang yang sangat berlian.

“Seperti yang diketahui melalui surat dari Kemeneterian Pendidikan Kebudayaan No 63 Tahun 2014 bahwa ekstrakulikuler itu wajib. Ekstrakulikulier wajib ini yang peminat karekter, apalagi point demi point pada dasar darma pramuka itu sangat baik untuk pembinaan karakter,” ujarnya.

Baca Juga :  Infrastruktur Jalan Empat Lawang Rp 20 Miliar

Riza menuturkan, di SMA Negeri 6 Palembang ini, selain pembelajaran akademis nya dapat dipercaya masyarakat, imtaqnya juga berbeda dari sekolah reguler lain. Bahkan imtaqnya tidak kalah bersaing dengan sekolah yang benuansa agama ditambah lagi dengan kegiatan seni, eskul drum band, podcast yang membahana siarannya bahkan sampai ke Amerika.

“Itulah bukti talenta di sekolah ini, saya merasa bangga dan insya allah bisa mengharumkan nama Sumsel,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Palembang Fir Azwar, menambahkan kegiatan ini menyikapi amanat dari peraturan Kementerian Pendidikan Kebudayaan No 63 Tahun 2014 bahwa pramuka merupakan ekstrakuliler wajib dimulai dari TK hingga SMA.

Baca Juga :  Herman Deru Minta Kontribusi PT Pusri Dalam Penyediaan Pupuk Ditingkatkan 

“Sebagai perwujudannya, bahwa kita melaksankan kegiatan orientasi ini dengan sistem blok dan ada 3 model-model kegitan pramuka yakni sistem blok, aktualisasi dan reguler,” tuturnya.

Fir Azwar menerangkan, model blok itu setiap awal tahun dan pertengahan tahun ada kegiatan pramuka yang terjadwal orientasi dan ada penilaian dari kelas 10, 11 dan 12.

Untuk Aktualisasi, yakni jadwal kegitan yang terjadwal 1 minggu sekali. Sedangkan, reguler itu siapa saja yang minat bisa ikut.

Fir Azwar menuturkan, hingga saat ini, sudah banyak peminatnya untuk ikut kegitan kepramukaan ini. Dan ini wajib, dan siswa harus mengikuti. “Pramuka ini membentuk anak-anak supaya disiplin tinggi, berakhlak mulia, cerdas, mandiri, bertangung dan jawab,” tandasnya.

baner perkot tentang vaksinasi, vaksinasi dan prokes 5m

Pos terkait