Hadiri Sidang Paripurna HUT Kabupaten Ogan Ilir ke-18

News, Sumsel
angka kemiskinan terus menurun , meningkatnya kesejahteraan masyarakat , Sriwijaya Science Tehno Park

Oganilir, LamanQu.idDiusia 18 Tahun Kabupaten Ogan Ilir (OI) telah banyak melahirkan inovasi-inovasi untuk meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Karena hal itu pesatnya pembangunan yang digalakan pemerintah harus  berbading lurus dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Artinya angka kemiskinan terus menurun menjadi satu digit.

“Majunya Kabupaten Ogan Ilir disemua sektor harus  berbanding lurus dengan peningatan kesejahteraan masyarakat. Nah disinilah letaknya  gerakan  Sumsel Mandiri Pangan dengan meningatkan ketercukupan pangan bagi masyarakat,”  tegas Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat memberikan sambutan pada  sidang paripurna ke I  DPRD Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka Peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT)  Kabupaten Ogan Ilir ke 18 Tahun  di Tanjung Senai Indralaya, Jumat (07/01/2022).

Dalam  Paripurna yang  dipimpin  Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir Suharto  tersebut, Gubernur Herman Deru   menambahkan, Pemprov bersama dengan Pemkab/ Pemkot    untuk terus sinergi dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat meliputi  bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan kebutuhan lainnya.

Namun upaya tersebut  membutuhkan komitmen bersama karena terbatasnya anggaran. Karena itu pihaknya membuat inovasi dengan menggerakan Sumsel Mandiri Pangan, dimana dalam gerakan tersebut masyarakat diajak untuk terlibat secara langsung untuk memenuhi kebutuhannya sendiri melalui pemanfaatan lahan sekitar pekarangan rumah tempat tinggal untuk menanam sayur-mayur,  ternak ayam atau usaha perikanan dengan  skala rumah tangga.

“Sekarang kita geser pemikiran, kita fokus menurunkan biaya hidup, kalau penghasilan belum bisa kita tambah karena masih pemulihan ekonomi  karena terdampak pandemi. Percayalah kalau ini kita lakukan enam bulan kedepan akan tergambar dari data BPS, kesejahteraan dan kemiskanan bukan dihitung pendapatan dan pengeluaran, melainkan biaya hidup yang dikeluarakan,” terangnya.

Untuk itu Herman Deru mengajak masyarakat Ogan Ilir untuk memanfaatkan keberadaan Sriwijaya Science Tehno Park (SSTP) yang terletak di Desa Bakung di bawah pengelolaan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel. Untuk itu dia berjanji akan memberikan bantuan melalui TP PKK  Sumsel berupa bantuan bibit dan benih untuk masyarakat OI, upaya ini juga  sebagai salah satu stimulan untuk masyarakat.

“Pemprov memiliki Sriwijaya Science Tehno Park di Ogan Ilir bawah pengelolaan   Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), masyarakat kita ajak untuk memanfaatkannya sebagai upaya  menekan biaya hidup. Ditempat itu bisa  kita tanam  Bawang dan  Cabe. Karena komoditi ini sangat   berpengaruh terhadap inflasi. Sekarang kita berupaya menghasilkan jangan membeli,” imbuhnya.

Sementara Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar dalam sambutannya melaporkan, Pemkab  Ogan Ilir  telah bergasil menjalankan program vaksinasi Covid 19  untuk  mencapai target herd immunity  dengan realisasi 74.16 persen. Sedangkan untuk tata kelola pemerintahan, Pemkab OI lanjut Panca telah melakukan kerja sama dengan  Pemkab Sumedang dalam hal penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yaitu Aplikasi E-Officer.

“Berjalannya visi dan misi Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir terletak pada baiknya birokrasi dan administrasi pemerintah serta SDM para ASN,” terangnya.

Menyinggung  peningkatan infrastruktur di Kabupaten OI, Panca menyebut, pihaknya telah  menjalin kerja sama dengan Balai Kementerian PU  dan  HK untuk mengembangkan kawasan Perkotaan di Indralaya.

“Momen hari ulang tahun Kabupaten Ogan Ilir  ke18 ini, saya mengajak kita semua yang hadir untuk melakukan intropeksi terhadap apa yang telah dan akan kita lakukan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Ogan Ilir,” pungkasnya.

Usai paripurna  dilakukan pemotongan nasi tumpung oleh Gubernur Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD berkenan mengikuti prosesi pemotongan nasi tumpeng sebagai tanda syukur atas HUT Kabupaten Ogan Ilir ke 18 tahun.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut  Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir Ardani, Ketua TP PKK Kabupaten Ogan Ilir R Siti Khadijah Mikhailia Khoirunisa serta Forkopimda Ogan Ilir dan undangan penting lainnya.