Di Sumsel Ada 13 SMK Pusat Keunggulan

  • Whatsapp
SMK Pusat Keunggulan, kurikulum paradigma baru, workshop kurikulum baru

Palembang, LamanQu.id Dari total 314 SMK negeri dan swasta di Sumsel saat ini sudah ada 13 SMK yang menjadi Pusat Keunggulan (PK). Kelebihan dari SMK Pusat Keunggulan ini adalah pembelajarannya menggunakan kurikulum paradigma baru.

Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Mondyaboni mengatakan, untuk di Sumsel dari 314 SMK negeri dan swasta sudah ada 13 SMK PK. “SMK PK ini mempunyai kurikulum paradigma baru sehingga pembelajarannya melibatkan Dunia Industri dan Dunia Kerja (DIDUKA). Kita berharap kedepan semakin banyak SMK di Sumsel yang menjadi SMK PK,” ujarnya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Komisi IV DPRD Sumsel Soroti Kinerja PUPR dan PSDA Terkait Pembangunan Musi VI

Sementara itu, Kasi Kurikulum SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Awaludin menjelaskan, kelebihan dari SMK PK adalah menerapkan kurikulum paradigma baru yang dalam pembelajarannya melibatkan DIDUKA. Sehingga prakteknya mencapai 70 persen dan teori 30 persen. “Jadi kurikulum yang diterapkan diselaraskan dengan DIDUKA. Selain itu, SMK PK memiliki kewajiban untuk mengimbaskannya ke sekolah terdekat,” katanya.

Awaludin menerangkan, syarat untuk menjadi SMK PK adalah mendaftar ke Direktorat SMK. Kemudian mengikuti seleksi. “Direktorat SMK yang menetapkan SMK tersebut lolos atau tidak menjadi SMK PK. Sehingga seleksinya sangat ketat. Oleh sebab itu, dari 314 SMK di Sumsel baru ada 13 SMK PK, ” ucapnya.

Baca Juga :  Asisten II Inginkan AtP Jadi Kawasan Agro Wisata

Lebih lanjut Awaludin, mengungkpkan, Diknas Provinsi Sumsel bidang SMK akan mendorong sebanyak mungkin SMK di Sumsel menjadi SMK PK. “Yang sudah kami lakukan adalah tahun lalu kami mengadakan workshop draf kurikulum paradigma baru yang diikuti 104 sekolah. Dengan mengikuti workshop tersebut harapan kita itu bisa menjadi bekal bagi SMK jika ingin mengikuti seleksi, sehingga sudah tau data apa saja yang diperlukan,” bebernya.

Ketika ditanya target penambahan SMK menjadi SMK PK, Awaludin mengungkapkan, pihaknya tidak memiliki target khusus. Karena seleksinya ketat dan dilaksanakan di Pusat. Namun diharapkan kedepan SMK PK di Sumsel dapat terus bertambah sebanyak banyaknya. “SMK Pusat Keunggulan ini memiliki keunggulan dari sistem pembelajarannya. Tentu menjadi nilai jual tersendiri bagi SMK yang sudah memiliki predikat tersebut. Karena harapannya lulusan dari SMK PK ini dapat cepat terserap dan bersaing di DIDUKA,” tandasnya.

baner perkot tentang vaksinasi, vaksinasi dan prokes 5m

Pos terkait