Menyambut Tahun Baru Pemkot Palembang dan BPOM Sidak Ke Pasar

bpom sidak ke pasar, pasar tradisional lorong temenggung, pasar lorong temenggung

Palembang, LamanQu.idGuna kembali memastikan keamanan pangan di wilayah kota Palembang, khususnya menyambut tahun baru 2022, Pemerintah kota Palembang melalui Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda gandeng pihak BPOM untuk melakukan pengecekan bahan pangan di setiap pasar, salah satunya yakni pasar tradisional Lorong Temenggung, 17 Ilir Palembang.

“Semua ini kita lakukan menyambut tahun baru. Kita ingin memastikan bahwa setiap pasar dapat menyajikan makanan ataupun produk yang baik dan tidak mengandung zat berbahaya,” kata Fitri saat kegiatan sidak di Pasar Buah Temenggung, Rabu 29 Desember 2021.

Baca Juga :  KPU Palembang Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Kader Demokrasi

Dejelaskannya, bahwa kegiatan yang dibantu oleh pihak BPOM, PD Pasar, Karantina serta dinas terkait lainnya pada hari juga telah mengabil beberapa sample untuk dilakukan uji coba.

“Sudah ada 28 sample yang kita uji, dan tidak ada satupun yang mengandung zat berbahaya. Tadi produk yang kita temukan ada yang kadaluarsanya sudah lewat serta beberapa kemasan yang sudah rusak,” jelasnya.

Wakil Walikota Palembang dua periode itu juga mengharapkan pihak BPOM untuk bekerja dalam menelusuri produk lainnya yang masih disimpan oleh beberapa toko yang tidak layak untuk dijual.

Baca Juga :  BI dan Pemkot Palembang Teken MoU Untuk Tingkatkan Strategi TPID

“Kita meminta kepada para pedagang untuk terus menjaga kualitas serta keamanan setiap jenis makanan yang dijajakan di pasar ini (red),”

Sementara itu, Kepala Bidang Pemeriksaan BPOM Palembang, Aquirina Leonora memaparkan, dari dua toko yang di datangi langsung dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa produk produk expired yang masih dipajang sebanyak 7 item. “Kalau yang tidak memenuhi ketentuan label ada 10 item, serta yang rusak ada 2 item,” tuturnya.

“Itemnya tadi, yakni saus, minyak wijen, minyak ikan, tauco, sambal terasi, sambal hijau, tepung gula dan sebagainya,” tambahnya.

Baca Juga :  Berhasil Amankan Keuangan Negara, Kejari Diganjar Penghargaan Oleh  Pemkot Palembang

Untuk beberapa produk item yang tidak memenuhi ketentuan label, lanjut Aquirina, yakni kacang atom, kacang pedas, kacang almon dan lain sebagainya. “Seharusnya label asli dikemasan asli ada juga di kemasan-kemasan yang di repack tersebut,” tungkasnya.

banner pemkot palembang, selamat ramadhan

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait