Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Berpesan Kepada Kepala Sekolah Bersikap Dinamis

News, Pendidikan
bekerja secara dinamis , evaluasi administrasi sekolah , Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah

Palembang, LamanQu.id – Evaluasi Kinerja Kepala SMA, SMK dan SLB Negeri se Sumsel dilaksanakan di aula SMK Negeri 2 Palembang, Jumat (17/12/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM mengatakan, kinerja kepala Kepala SMA, SMK dan SLB Negeri se Sumsel sudah baik dari sisi profil sekolah dan kebersihan sekolah.

“Alhamdulilah kinerja Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB Negeri se Sumsel secara rata-rata baik. Karena untuk kesempurnaan hanya milik Allah SWT,” ujarnya.

Riza menuturkan, dalam satu tahun ini memang ada yang perlu dievaluasi. Diantaranya terkait pembelajaran, evaluasi administrasi sekolah, administrasi manajemen. Oleh sebab itu dilakukan pembinaan.

“Yang tidak kalah penting adalah, saya minta kepada seluruh Kepala Sekolah untuk menjaga kekompakan dalam mensukseskan pendidikan cerdas dan tuntas, dalam menuju Sumsel Maju Untuk Semua, ” katanya.

Riza menuturkan, juga ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki sekolah misalnya berupaya mendukung siswa menjadi entrepenuer, dalam rangka membantu Pemprov menurunkan angka kemiskinan dari dua digit jadi satu digit.

Dalam kesempatan tersebut Riza berpesan kepada Kepala Sekolah agar bersikap DINAMIS yakni Disiplin, Integritas, Intropeksi diri, Niat baik dalam meningkatkan mutu pendidikan, Adab dan Ahlak ditingkatkan, Moralitas, Inovasi dan Silaturahim dijaga. “Bekerjalah secara DINAMIS agar sekolah yang dipimpin dapat maju dan berkembang,” ucapnya.

Riza juga berpesan kepada Kepala Sekolah agar terus mensosialisasikan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. “Mari kita tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap mematuhi 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Kita sama-sama berupaya mencegah penyebaran covid-19,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Sumsel, Mondyaboni menuturkan, setelah banyak pencapaian yang diperoleh SMK ditahun 2021, pihaknya berharap ditahun 2022 akan lebih banyak lagi prestasi yang ditorehkan SMK se Sumsel dan lebih banyak lagi produk inovatif yang dihasilkan siswa SMK se Sumsel.

Di bidang Kesiswaan, sambung Mondyaboni, prestasi yang diraih yakni peringkat 8 nasional Lomba Kompetensi Siswa, peringkat 6 Kompetensi Olahraga Siswa Nasional. Kemudian, Rekor MURI Pameran Produk SMK Terbanyak se Indonesia, Rekor MURI SMK Muhammadiyah 3 lomba Kaligrafi Online, peraih Fashion terbaik produk Batik tingkat nasional SMK Negeri 1 Palembang, juara 1 tingkat nasional short movie kegiatan Pramuka Penegak SMK Negeri 1 Sekayu.

“Untuk bidang kurikulum, kita ada penambahan jumlah LSP P1 dari 18 menjadi 36, penambahan jumlah asesor dari 372 orang menjadi 562 orang, pengukuhan Forum BKK Provinsi oleh Gubernur Sumsel dan workshop kurikulum Paradigma Baru bagi 104 wakil kurikulum,” kata Mondyaboni.

Lebih lanjut dia menuturkan, untuk kegiatan sarpras tahun ini ada penambahan unit sekolah baru, penambahan ruang kelas baru, dan penambahan mobiler.

Sementara itu, Kabid SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Mashendata Musai berpesan kepada Kepala Sekolah agar tidak melakukan pungutan.

“Jangan sekali sekali melakukan pungutan, jika ada program kerja yang disepakati oleh orang tua siswa dibolehkan sumbangan, dengan catatan tidak boleh menentukan nominal karena bersifat sukarela.” pungkasnya.