BIN Sumsel dan Pemda OKU Selatan Gelar Vaksinasi Masal

News, Sumsel
percepatan vaksinasi di oku selatan , program vaksinasi massal

Okuselatan, LamanQu.idDalam rangka mempercepat tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona kegiatan vaksinasi Covid-19 terus gencar dilakukan di Indonesia.

Berbagai pihak bahu membahu menggelar vaksinasi dalam rangka mendukung program pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan menciptakan kekebalan komunal.

Salah satunya Badan Intelijen Negara (BIN) bekerja sama dengan Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui Dinas Kesehatan setempat, turut berperan mempercepat vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat dengan menggelar vaksinasi massal dari desa ke desa dalam wilayah Kabupaten itu.

Hal tersebut direalisasikan dengan melakukan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di tiga titik yakni kecamatan Buay Pemaca, Kecamatan Pulau Beringin dan Kecamatan Banding Agung.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kanbinda) Sumsel, Brigjen TNI Armansyah SH melalui Posda OKU Selatan Binda Sumsel Harto mengaku optimasi apabila semua masyarakat sudah divaksin dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 maka capaian nasional herd immunity dapat tercapai sehingga Indonesia akan bebas dari virus Covid-19.

“Harapan kami dengan dilaksanakannya vaksinasi ini dapat mencapai tujuan nasional yaitu herd immunity secara nasional dan untuk target 70% di Provinsi Sumsel di akhir tahun ini tercapai. Semoga masyarakat antusias untuk melaksanakan vaksinasi” ujar Harto.

Pihaknya juga menegaskan Binda Sumsel siap membantu percepatan vaksinasi di OKU Selatan. Di awal bulan Desember ini BIN telah mengalokasikan sebanyak 3.000 dosis vaksin untuk Kabupaten OKU Selatan.

“Kedepannya, jika memang Pemkab OKU Selatan masih memerlukan vaksin, BIN siap mengalokasikan kembali vaksin bagi OKU Selatan. Bahkan kami akan berusaha menjadikan OKU Selatan sebagai kabupaten prioritas mendapatkan bantuan vaksin dari Binda Sumsel,” Ucap Harto. Kamis (09/12/2021)

Dikatakan Harto hari ini merupakan pertama kalinya pihak BIN melakukan vaksinasi di Kabupaten OKU Selatan. Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung dengan mengalokasikan 1.000 dosis vaksin.

Harto juga mengungkapkan, Badan Intelijen Negara (BIN) turut membantu pemerintah dalam program vaksinasi massal guna mempercepat terbentuknya kekebalan komunal (Herd Immunity) di masyarakat. Untuk itu, BIN menyelenggarakan vaksinasi yang menyasar masyarakat umum.

“Alhamdullilah kami BIN bersama Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan bisa melaksanakan vaksinasi hari ini di Desa Sugih Waras. Diharapkan ikhtiar yang dilakukan BIN dapat mewujudkan herd immunity untuk Indonesia sehat dan hebat dalam mengatasi pandemi”,pungkasnya.

Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BIN Daerah Sumatera Selatan atas upaya untuk mempercepat vaksinasi di OKU Selatan.

“Seperti yang telah di ketahui selama ini TNI-Polri sudah ikut berkolaborasi dalam percepatan vaksinasi. Kali ini Mitra kita BIN di daerah, hari ini memberikan 3000 dosis vaksin untuk disebar di 3 titik/kecamatan yang ada di OKU Selatan,” ujarnya.

Lebih Lanjut ia mengatakan, untuk mempercepat vaksinasi semuanya harus bisa bergotong royong agar Herd Immunity atau kekebalan komunal tercapai. Sehingga di akhir tahun OKU Selatan 60-70 persen sudah di vaksin.

Dikatakannya juga saat ini capaian vaksin di kabupaten OKU Selatan masih termasuk rendah, mengingat capaian vaksin per 7 Desember masih diangka 39% secara manual.

“Saat ini capaian vaksin di OKU Selatan baru mencapai 39%, itu pun secara manual, namun kami yakin dengan adanya dukungan dari berbagai pihak termasuk BIN, angka 60-70% wara OKU Selatan ter vaksin bisa tercapai di akhir Desember ini”, pungkas Popo.