Proyek sungai sekanak lambidaro sudah 92%

News, Sumsel
destinasi wisata baru , Revitalisasi Sungai Sekanak , sungai sekanak

Palembang, LamanQu.idRevitalisasi sungai sekanak yang mengalir melalui daerah rusunawa kelurahan 24 ilir tengah berjalan dengan lancar, begitulah yang terlihat ketika peninjauan pemerintah kota Palembang, Selasa (30/11/2021).

Konstruksi sepanjang 800 meter yang melingkupi sungai dari titik jerambah karang sampai jembatan Palembang indah mall. Proyek yang dimulai dari tanggal 5 bulan Mei lalu ini diperkirakan akan memakan biaya 42 miliar rupiah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

revitalisasi sungai sekanak

Sejauh ini nampak pinggir sungai telah Dibeton, dasar dikeruk supaya lebih dalam, sampah yang berada dipermukaan dibersihkan dan sisi kiri dan kanan jalan disemen untuk persiapan pembangunan pedestrian.

Walikota Palembang melalui asisten 2 kota Palembang Anshori mengatakan bahwa proyek ini telah 92% selesai dan diperkirakan siap untuk acara launching pada awal Januari.

“Sepanjang 800 meter ini sudah dikerjakan ya, tinggal kita fokus ke bagian pedestrian, kita akan baguskan lanskapnya agar sungai sekanak ini bisa jadi destinasi wisata baru di kota Palembang,” ujar Anshori.

Sementara itu Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Maryadi Utama mengatakan bahwa masalah terbesar restorasi sebuah sungai bukan pembangunannya, tetapi perawatanya.

“Akan ada nanti namanya masalah non-struktural yang mencangkup perawatan, pembersihan, pemberdayaan warga sekitar dan komunitas agar sungai ini terus bersih dan tidak kumuh,”

Maryadi menambahkan bahwa pihak BBWS akan bekerja sama dengan Pemerintah kota dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk menertibkan pengunaan wilayah sekitar sungai supaya rapih, bebas masalah, dan aman untuk dipakai warga seluruh umur.

Kepala BBWS ini menutup dengan mengatakan bahwa telah ada rencana untuk menambahkan 1,5 Kilometer sungai yang mengarah kedaerah Lambidaro beranggaran 98 Miliar Rupiah kedalam proyek ini, penambahan ini diharapkanya dapat dilaksanakan mulai tahun depan.