Audiensi Forsi KN UMKM Sriwijaya Tentang Kolektif Pinjaman Lunak di BPR Palembang

News, Sumsel
Forsi KN UMKM Sriwijaya Palembang , kredit Musi , Penyaluran Kredit UMKM

Palembang, LamanQu.idForum Silahturahmi KN UMKM Sriwijaya dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palembang mengadakan audensi yang digelar di Aula rapat, Kamis (18/11/2021).

Yang di hadiri dari BPR Palembang Direktur Utama BPR Palembang Safril, Direktur Operasional Selamet, dan Condri Manager Kredit. Dan Forsi KN UMKM Sriwijaya Palembang, Yani Paslah, Siti Khodijah, Hendrik, Maryanto, Umiyati, Rohma Hayati, dan Sudaryanto.

Direktur Utama BPR Palembang, Safril mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kedatangan FORSI KN UMKM Sriwijaya yang telah bersilaturahmi dan tentunya saja pertemuan ini akan kita lebih tingkatkan lagi karena ini adalah pertemuan awal penjajakan silahturahmi. Pihknya juga telah mencapaikan hal-hal yang sifatnya masih umum terutama terkait dengan Bank Palembang.

“Peran Bank Palembang ini dalam memajukan UMKM di kota Palembang ini, Dan kami sampaikan bahwa BPR kota Palembang merupakan bagian dari program pemerintah kota Palembang dalam meningkatkan mensejahterakan UMKM khususnya di kota Palembang,” katanya.

Dari hasil silahturahmi ini, dia menjelaskan bahwa kami sangat membuka pintu seluas-luasnya kepada teman teman di forum untuk menyebarkan informasi terkait Bank Palembang ini, bahwa bank Palembang ini kita fokus untuk membiayai kan UMKM dan berbagai kemudahan untuk sukses pembiayai kan UMKM tadi kita juga sampaikan. Mulai dari kredit tanpa angunan karena ini menjadi Kendala bagi UMKM bagaimana mendapatkan kredit. Sementara anggunannya tidak ada dan ini kita sudah ada ke bijakkan kita.

“Kita ada memberikan kredit tanpa angunan, selain dari itu juga ada kredit khusus daging program pemerintah Palembang itu pemberian kredit tanpa angunan dan tanpa bunga. Karena bunga ini di subsidi oleh pemerintah tapi belum mulai saat ini,” tambah Safril.

“Dan kredit ini belum saat ini masih belum di gulirkan di mana sebelumnya berjalan selama 4 tahun. Karena ada perubahan ketentuan dan aturan dari pusat,maka di pemerintahan kota Palembang harus menyesuaikan perubahan ketentuan tersebut dan ini dibilang dalam proses penyusunan bahan per wali nya sebagai pelaksanaan teknis dan nanti terhadap penyaluran kredit UMKM ini ke depannya,” paparnya.

“Harapan kedepannya ada UMKM berkerja sama kota Palembang ini. Harapan nya tentu saja bersama sama teman di forum ini kita memajukan UMKM pertama sekali menyebarkan formasi yang fostip ini hingga informasi ini dapat di sampai kepada UMKM dan dapat menindak lanjuti UMKM lainnya dan jadi kita teman teman di forum ini juga selalu mendampangi UMKM yang sudah di hantarkan ke BPR Palembang. Fokus yang dijalankan yaitu fokus program adalah kredit Musi bisa di jalankan langsung sejak mulai saat ini,” bebernya.

Ketua Dewan Pendiri Forsi KN UMKM Yani Paslah menambahkan, kedatangan pihaknya di BPR Bank kereditan Palembang yaitu menindak lanjuti dan acuan serta pandangan yang diberikan dari Dinas Perdagangan kota Palembang. Bahwa saat ini pemerintah kota Palembang meluncurkan pinjaman lunak untuk para pelaku UMKM. Pinjaman lunak itu adalah pinjaman tanpa agunan tanpa bunga. “Kami tadi diterima langsung oleh direktur utama dari tur operasional serta menejer bagian pinjaman Musi,” katanya.

Yani menuturkan, Alhamdulillah kami akan senergi kami akan memperkenalkan kehadiran BPR disumsel betapa untuk nya masyarakat melaksanakan atau meminjam atau membuka tabungan di BPR tabungan di BPR itu tidak ada potongan sama sekali misalnya tabungan Rp 100 ribu walaupun berapa lama kita tidak melakukan interaksi atau menabung tidak ada potongan. Jadi dalam waktu dekat kami akan melaksanakan meluncurkan program Musi tanggung renteng yang mana ada beberapa pihak bank yang telah melaksanakan jadi kami akan memfasilitasi pelaku UMKM yang benar- benar persyaratannya kita bantu.

“Kita bantu begitu mungkin kedepannya bahwa ingin porsi UMKM Sriwijaya ini memang benar benar berguna bagi anggota dan masyarakat dan juga tetap sinergi kepada BPR kota Palembang.Jadi hadirnya Forsi UMKM Sriwijaya dikota Palembang memang bisa memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan hak- haknya dan juga Forsi UMKM Sriwijaya akan memperkenalkan bank perkreditan Palembang adalah wadah masyarakat Palembang untuk melaksanakan membuka tabungan dan juga membantu permodalan dikota Palembang.” pungkasnya.