Stok Bahan Bakar dan Elpiji Masih dalam Status Aman

Nasional, News
insiden kebakaran , Stok Bahan Bakar Di SPBU , Stok Bahan Bakar Minyak

Jakarta, LamanQu.idPasca kebaran yang terjadi di tangki area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021) pukul 20.00 WIB. PT Pertamina (persero) memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji yang dimiliki saat ini masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, pendistribusian BBM dan elpiji berlangsung seperti biasa. Baik di daerah Jawa Tengah maupun sebagian Jawa Barat yang merupakan coverage dari kilang Cilacap,” ungkap Direktur Utama Pertamina Patra Niaga atau CEO Subholding Commercial and Trading Alfian Nasution saat konferensi pers virtual, Minggu (14/11/2021).

Dia merinci saat ini ketersediaan Premium berada di posisi 27 hari, Pertamax 15 hari, Pertalite di atas 10 hari, Solar 20 hari, Artur 35 hari, serta Pertamax Turbo 50 hari, dan elpiji 12,7 hari. Selain ketersediaan stok, Pertamina juga menjamin bahwa pendistribusian BBM dan elpiji tetap aman dan tidak akan terganggu.

Hal senada juga dikatakan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Pihaknya menjamin pasokan BBM dan elpiji tidak terganggu dengan adanya insiden tersebut. “Mohon tidak ada panic buying, karena stok sangat aman,” kata Nicke.

Dia menegaskan kilang tetap beroperasi dan tidak ada shutdown sehingga tidak berpengaruh terhadap produksi Pertamina. Bahkan Nicke memastikan seluruh stok milik Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dalam kondisi aman.

Kondisi Tangki Kilang Pertamina Cilacap. FOTO/dok.Pertamina

Bedarkan informasi yang berhasil dihimpun, terkait dengan insiden penanganan yang telah dilakukan tim 102, bahwa saat ini kebakaran tangki telah dapat dipadamkan secara total tepatnya pukul 07.45 WIB, dan dinyatakan aman pada pukul 09.15 WIB. Lebih lanjut, dengan terbakarnya 1 tangki dari 228 tangki yang ada di Cilacap, kilang tetap beroperasi seperti biasa.

Lantaran api sudah padam, kini Pertamina akan melakukan evaluasi dan investigasi lebih lanjut tentang insiden kebakaran di kilang Pertamina Cilacap. Pertamina juga memastikan keamanan dari rekan-rekan yang ada di kilang maupun masyarakat setempat.